Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Ayo DUKUNG Kain TENUN Sumba LOLOS ke UNESCO

CitraNews

Bunda NTT 1 dan 2 , JULIE Sutrisno Laiskodat dan MERY Jogo. Doc. istimewa

Kain Tenun Sumba-NTT kini tengah berarak menuju ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Citra News.Com, KUPANG – DEWAN KERAJINAN Nasional Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Dekranasda NTT) yang dinahkodai JULIE Sutrisno Laiskiodat, telah gigih berjuang menghantar kain tenun ikat NTT hingga menembus pasar global.

Kali ini giliran kain tenun ikat Sumba selangkah lagi lolos ke UNESCO. Setelah selesai berproses (seleksi) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. yang hasil  seleksinya telah diumumkan pada Jumat 18 Pebruari 2022.

Baca Juga :  LAW Office THE GLO & Partners Segera SERET PT BIG dan PT BCP ke PHI Di PN Serang

Bahwa hasil tidak mengkianati proses. Dan hasilnya sangat menggembirakan juga membanggakan bagi orang NTT khususnya bahwa kain tenun Sumba adalah kekayaan intelektual Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (Intangible Cultural Heritage of Indonesia), ia kini tengah berarak menuju ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Demikian Julie Laiskodat kepada wartawan, Jumat 25 Pebruari 2022.

Anggota DPR RI dari Partai Nasdem ini menjelaskan, UNESCO merupakan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Perjuangan Kain Tenun Ikat Sumba ke UNESCO sebelumnya pernah diajukan pada tahun 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun perjuangan itu tidak membuahkan hasil.

Baca Juga :  MUI Serukan BANK NTT adalah KITA dan Kita adalah BANK NTT

Baru kini perjuangan itu berbuah manis berkat tangan dingin Julie Laiskodat, kain tenun Sumba melejit ke UNESCO setelah bergabung bersama tenunan seluruh Indonesia.

“Waktu tahun lalu pada acara nasional di Dekranasda NTT bersama Ibu Wakil Presiden, ada ide kita bersama Dekranasda NTT dan Dekranasda Nasional untuk membawa tenun NTT ke UNESCO. UNESCO itu setiap tahun dari tiap negara mengajukan 1 (satu) item. Dan yang terpilih cuma satu. Maka dalam pertemuan bersama orang-orang UNESCO dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah kasih persyaratan dan sudah dilakukan survey,” kata Julie Laiskodat menjelaskan ihwal pengajuan tenun Ikat Sumba ke UNESCO.

Baca Juga :  Biro di Undana JANGAN Dulu Merasa NYAMAN Terima SERTIFIKAT ISO

Oleh karena demikian banyaknya tenun ikat di NTT sehingga tenun ikat Sumba yang menjadi perwakilan dari NTT.