KREDIT Mikro MERDEKA Bantu Peternak NTT Pulih Lebih CEPAT Bangkit Lebih KUAT

WAKIL Gubernur NTT, JOSEF A. Nae Soi didampingi Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, menyerahkan skim kredit Merdeka kepada wakil kelompok ternak. Doc.citra-news.com/biro AP setdantt

Tepat di hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Bank NTT memberikan ‘kado’ senila Rp 30 miliar untuk Pengembangan Sektor Peternakan.

Citra News.Com, KUPANG — SEDIKITNYA ada 10 kelompok peternak sapi dari Kabupaten Kupang menerima kado istimewa dari Bank NTT.

Hebatnya kesepuluh kelompok ternak ini berasal dari perwakilan Kelompok Ternak Wanita Tani Hijau Makmur Desa Fatukanutu Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Kado berupa skin Kredit Mikro Merdeka dari Bank NTT tersebut, diserahkan secara langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat dan JOSEF Adrianus Nae Soi, di sela-sela perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT Jalan El Tari Kota Kupang, Rabu 17 Agustus 2022.

Sejalan dengan spirit yang digelorakan oleh pemerintah secara nasional, Gubernur Viktor dan Wagub Josef pun berkehendak agar skim kredit Mikro Merdeka dari Bank NTT ini dapat membantu petani ternak di NTT untuk bisa Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Ditengarai skim kredit Mikro Merdeka memang sengaja dihadirkan oleh Bank NTT, bagi mereka yang ingin agar usahanya lebih cepat bangkit dan bersaing dengan usaha lainnya di era sulit akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Yang menarik dari jenis kredit ini adalah diperuntukkan bagi warga yang sudah memiliki usaha, akan diberi modal awal Rp 5 juta, tanpa anggunan, tanpa bunga, dan tanpa rentenir.

Dasar filosifi seturut nama skim kredit ini bahwa setiap pelaku usaha benar-benar merdeka dalam menjalankan usahanya tanpa takut didatangi oleh tengkulak dengan bunga harian yang mencekik.

Saat menyerahkan kredit Mikro Merdeka, di hadapan ribuan tamu undangan, Gubernur Viktor dan Wagub Josef didampingi Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho.

Sedangkan ikut hadir dalam upacara, hampir seluruh direksi Bank NTT. Yakni Direktur Informasi, Teknologi dan Operasional, Hilarius Minggu, Direktur Kredit, Paulus Stefen Messakh, Komisaris Independen, Samuel Djoh Despasianus.

Mengutip siaran pers bagin Hums Bank NTT, bahwa Kredit Mikro Merdeka ini diperuntukan bagi Pengembangan Sektor Peternakan kepada 10 Kelompok Peternak Sapi di Wilayah Kabupaten Kupang dengan total pembiayaan Rp 3.000.000.000 (tiga miliar rupiah). Sementara jumlah ternak yang dibiayai sebanyak 300 ternak sapi.

Pemberian kredit Mikro Merdeka untuk Pengembangan Sektor Peternakan dari Bank NTT ini tidak hanya untuk Kabupaten Kupang. Akan tetapi terus berlanjut untuk kabupaten lainnya di Provinsi NTT.

Diketahui, penyerahan skim kredit Mikro Merdeka Pengembangan Sektor Peternakan merupakan kerja kolaborasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTT, Bank NTT dan seluruh pihak stakeholders yang terlibat dalam upaya menumbuhkembangkan usaha peternakan, meningkatkan populasi dan produktifitas ternak sapi di Provinsi NTT.

Balutan Busana Bernuansa Budaya NTT

Terpantau perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi NTT, berlangsung hikmat dengan balutan nuansa budaya NTT. Dimana setiap tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian adat dari berbagai suku dari seluruh 22 kabupaten/kota se-NTT.

Upacara tersebut dihadiri oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi, Sekretaris Daerah Provinsi NTT Domu Warandoy, Jajaran Forkopimda, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, serta para peserta upacara yang terdiri dari Gabungan TNI/POLRI, ASN, dan para pelajar perwakilan SD, SMP dan SMA.

Bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Letnan Kolonel Arhanud Kiki Aji Wiriawan S.Sos. (Komandan Batalyon Arhanud 9/Angkasa Widya Jayanta).

Sementara itu untuk pasukan Paskibraka yang bertindak sebagai Komandan Paskibraka yakni Ipda Quin Tuhu Leruw (Kanit 1 Subden 3 Detasemen Gegana Brimob POLDA NTT), Komandan Peleton 17 yakni Dimas Umbu Leti (Siswa Kelas XI Madrasah Aljihat Mamboro Sumba Tengah), Pembawa Baki oleh Natasya Olivia Bessie (Siswa Kelas XI SMA Kristen Citra Bangsa Kota Kupang).

Dan Pengibar diantaranya Victorianus Kevin Radho (Siswa Kelas XI SMKS St. Isidorus Boawae Kabupaten Nagekeo), Ababil Salaman (Siswa Kelas XI SMA Negeri Wolowaru Kabupaten Ende) dan Yehezkiel Argian (Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong Kabupaten Manggarai. +++ citra-news.com/biro AP setdantt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.