Tangan Dingin’ FIRMAN Wujudkan TENUN Ikat SEPE dan Nira LONTAR Jadi HAKI Kota Kupang

Wildrian Ronald Otta-Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang. Doc. citra news.com/rakyatntt.com

Capaian program Pro Rakyat yang dilaksanakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man – FIRMAN, telah memberikan bukti dan dirasakan warga Kota Kupang. Salah satunya adalah program Smart City. Entitas program dalam dimensi ‘Kota Cerdas’ (Smart City) tersebut adalah….

Citra News.Com, KUPANG – KEPALA Dinas Komunikasi dan Informatika (KADIS Kominfo) Kota Kupang, Wildrian Ronald Otta, memaparkan visi misi pembangunan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man di Kota Kupang sepanjang periode 2017-2022.

Visi misi pembangunan Kota Kupang yang digagas pasangan Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man stau bertagline FIRMAN  tersebut adalah terwujudnya Kota Kupang yang Layak Huni, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera dengan Tatakelola Bebas KKN.

Andre, demikian Kadis Kominfo Kota Kupang ini disapa, menyampaikan hal ini saat kegiatan evaluasi capaian program kerja smart city yang digagas oleh Wali Kota Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man selama periode 2017-2022, di Aston Hotel Kupang, Kamis 18 Agustus 2022.

Dalam paparannya Andre menyebut, capaian program dalam dimensi ‘Kota Cerdas’ (Smart City/Smart Society) yang dibahas Wali Kota Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, meliputi smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart environment, dan smart society.

“Wujud nyata dari program smart branding adalah menjadikan Tenun ikat Sepe dan Nira Lontar menjadi Hak Intelektual (HAKI) Kota Kupang,” kata Andre.

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam dimensi ‘Kota Cerdas’ melalui program smart society mereka mampu luncurkan program Indonesia pintar bagi SD/SMP sebanyak 35.338 orang dan beasiswa mahasiswa kurang mampu sebanyak 2.400 orang.

Bahwa jumlah siswa dan Mahasiswa seluruhnya yang telah dibantu melalui program pemerintah di masa jabatan mereka (Jefri dan Herman, red) sebanyak 37.738 orang.

Terdapat pula bantuan seragam, alat tulis, tas sekolah, Hp android, laptop, dan belanja transportasi bagi Paud, SD, SMP di wilayah Kota Kupang.

Dengan belanja anggaran prioritas sebagai berikut, anggaran pada tahun 2017 sebesar Rp1, 950 Miliar; Tahun 2018 Rp1,950 Miliar; tahun 2019 Rp11, 008 Miliar; tahun 2020 Rp17, 950 M; tahun 2021 Rp17.201 Miliar; tahun 2022 sebesar Rp16,614 Miliar.

Mereka juga mampu wujudkan program smart branding dengan menjadikan tenun ikat Sepe dan Lontar Nira menjadi hak intelektual Kota Kupang.

Data tersebut diperoleh dari paparan Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang, Wildrian Ronald Otta.

Kedatangan Teknologi Smart City

Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man TNC akrab disapa dokter Herman pada kesempatan itu sebelum menyampaikan sambutannya mengajak seluruh tamu undangan untuk memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan RI dengan memekikan kata Merdeka.

Selanjutnya dokter Herman mengatakan, dunia saat ini dirubah dengan berbagai macam cara pertama adalah pendidikan dan kedua ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kita bersyukur karena era kita ini berada di era digital culture. Bukan budaya digital yang lemah tetapi ada sebuah komprehensif akibat perkembangan teknologi, “tuturnya.

Sembari menambahkan. menurut kata orang agama membuat hidup pasti dan aman, seni membuat hidup jadi indah dan teknologi membuat hidup jadi mudah. Maka inilah kedatangan teknologi kita dengan smart city, ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa tersisa empat hari lagi masa jabatan mereka memimpin Kota Kupang akan berakhir.

“Tersisa empat hari lagi kami memimpin Kota Kupang. Akan tetapi semangat kami terus membara melayani masyarakat,” tandasnya.

Melalui gerakan program-program kerja selama masa kepemimpinan lima tahun menjadi Walikota dan Wakil Walikota Kupang periode 2017-2022, dimanfaatkan dengan baik.

“Memang evaluasi smart city ini di penghujung masa jabatan kami berdua Bapak Wali, karena tinggal empat hari. Namun perjuangan kami itu sampai pada titik darah penghabisan. Kita tetap semangat karena membangun lebih kuat peranan digital itu perlu,” kata Herman.

Sementara Staf khusus Kementerian Kominfo bidang komunikasi politik, Philip Gobang menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar untuk transformasi digital. Maka Kementerian Kominfo menyusun peta jalan Indonesia digital.

“Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden tersebut, Menteri kominfo Bapak Jhoni G. Plate kemudian menyusun peta jalan Indonesia digital tahun 2021-2024, ” jelas Gobang.

Dia menyebut Peta Jalan Indonesia Digital itu mencakup 4 (empat) sektor strategis. Masing-masing infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital. +++ citra-news.com/tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.