Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

NTT ‘Nusa Tiada Tara’ Punya Sejuta POTENSI Mampu Menjadi PENYUMBANG Kemakmuran NEGARA

CitraNews

Pada kesempatan tersebut juga, Gubernur Viktor turut menjelaskan potensi Pulau Sumba yang selain Pengembangan TJPS di Sumba Barat Daya juga diantaranya sektor pertanian Food Estate.

Di Kabupaten Sumba Tengah akan ada pembangunan Energi Baru Terbarukan (Listrik Tenaga Surya). Sedangkan di Kabupaten Sumba Timur dilakukan pengembangan budidaya udang serta ternak sapi.

“Pulau Sumba ini akan sangat berkembang pesat ke depan. Selain TJPS  yang kita laksanakan saat ini, kita juga apresiasi kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Bapak Presiden Joko Widodo yang mengintervensi Food Estate di Sumba Tengah. Dan ini menjadi sangat bermanfaat bagi pertanian di Sumba Tengah,’” tandasnya.

“Hasil studi yang dilakukan Universitas Gadjah Mada terkait potensi panas matahari di Sumba Tengah. Bahwa ia dapat menghasilkan daya listrik sebesar 2 giga watt maka membutuhkan lahan seluas 2.000 HA,” kata Gubernur Viktor.

Baca Juga :  ASURANSI Kecelakaan SOLUSI Melindungi DIRI dan Keluarga dari RISIKO Finansial

Sementara untuk Kabupaten Sumba Timur akan kita bangun shrimp estate atau pengembangan udang dalam skala yang besa. Juga akan kita kembangkan breeding sapi di lahan seluas 6.500 HA untuk mendukung produksi dan suplai daging sapi premium.

Gubernur Viktor juga menjelaskan tentang potensi industri garam. Diantaranya dengan pengembangan lahan tambak garam di Kabupaten Kupang seluas 3.000 HA lahan dan di Kabupaten Malaka seluas 5.000 HA.

“Kita kerjakan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk nantinya dapat memenuhi kebutuhan garam nasional dan juga mengurangi impor garam,” tegasnya.

Baca Juga :  Gegara INI Presiden RAMOS Ucap TERIMA Kasih Kepada Gubernur VIKTOR

Lebih lanjut dikatakannya bahwa NTT terus mengembangkan budidaya ikan kerapu yang saat ini telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Perikanan dan Kelautan serta kita juga terus mengembangkan rumput laut.

“Kita juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang terus mendorong pembangunan pariwisata di Labuan Bajo sehingga saat ini sangat berkembang luar biasa dan juga bermanfaat bagi ekonomi NTT,” tambah Gubernur Viktor.

Terkait isu krisis pangan dan energi pada tahun 2023, Provinsi NTT tentunya dapat mengatasi masalah tersebut dengan ketersiadaan potensi sektor pangan yang memadai dan juga energi baru terbarukan seperti panas matahari, angin, arus laut dan panas bumi.

Baca Juga :  Partai Demokrat MENGECAM Keras Wamendes BUDI Arie Setiadi

“Dari semua potensi tersebut maka kita harus optimis bahwa kita adalah provinsi dengan kekayaan yang melimpah. Dengan kerja bersama dari berbagai pihak dan sektor maka tentunya kita dapat meninggalkan stigma kemiskinan. Bahwa Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah provinsi kaya yang juga dapat menyumbangkan kemakmuran bagi masyarakat dan negara,” tegasnya berulang.

Mengakhiri sambutan sang Gubernur yang jabatannya berakhir pada September 2023 ini menyampaikan, Dirgahayu Provinsi Nusa Tenggara Timur yang ke-64. Semoga di usia yang ke-64 ini Provinsi NTT senantiasa diberkati dan dibimbing Tuhan.