Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

KAWAN NKRI Gandeng Dokter CHRISTIAN WIDODO, Cs Selenggarakan Pengobatan GRATIS

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy
CitraNews

Dokter Christian mengatakan, permasalahan stunting pemerintah NTT saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi cegah dini. Ini sangat bagus demi penyelamatan generasi kita agar bertumbuhkembang secara normal.

Persoalan tanggung jawab kesehatan, kata dokter Christian, adalah kerja kolaborasi. Keterlibatan masyarakat dan stakeholder adalah kunci utamanya. Perlu penyediaan sarana prasarana (Sarpras) serta pendanaan yang cukup oleh pemerintah.

Stunting itu penanganannya harus dari hulu ke hilir, tegas dia. Cegah stunting itu harus dari awal sebelum anak lahir. Bukan setelah anak lahir lalu dia tumbuhkembang jadi pendek baru kita tangani. Itu sulit.

Jadi perlu edukasi pra merital. Yaitu sebelum menikah calon suami dan calon istri harus harus ditreatment terlebih dahulu. Bahwa sang ibu kalau hamil di bulan sekian harus minum susu jenis ini. Asupan makanan bergizi mutlak penting harus seimbang.

Baca Juga :  Daftar TIGA Program HANYA Rp 36.800 SEBULAN, Manfaatnya Berlipat GANDA

“Hal klasik di masyarakat itu persoalan edukasinya tidak jalan. Harus dini dilakukan ke sekolah-sekolah, melalui mimbar gereja. Bahwa jangan nikah dini. Harus mapan dulu secara ekonomi supaya jika hamil janin diberi nutrisi yang cukup agar anak lahir bertumbuh dan berkembang normal dan sehat”, tuturnya.

Permasalahan yang sering timbul oleh anak-anak kita di NTT ini, tambah dia, masih SMP, SMA atau masih kuliah sudah hamil. Itukan pasangan suaminya belum bisa mencari nafkah dengan baik. Lalu si ibu ditinggal sendiri. Dan tentu tidak bisa beli makanan bernutrisi. Akhirnya keluar anak (lahir, red) dengan kondisi tubuhnya menjadi tidak stabil tumbuhkembangnya.

Baca Juga :  Satpol PP NTT Lakukan Operasi Terpadu Prokes Covid-19

Apa harapan dokter Chtistian bagi jurnalis dari giat ini, tohok wartawan.

Melalui kegiatan pengobatan gratis hari ini ini, demikian dokter Christian, kepada jurnalis diharapkan jaga kesehatan dengan baik. Agar bisa terus mewartakan kabar sukacita bagi banyak orang.

Kedua, agar teman-teman wartawan bisa mendukung pemerintah NTT dalam penyediaan Sarpras dan fasilitas kesehatan serta anggaran dengan baik.

Baca Juga :  Profect Layanan Kesehatan Mata Inklusif Merambah ke TTS

Kadis LHK Kota Kupang, ORSON Nawa memberikan sambutan ketika Giat Pengobatan Gratis di Taman Noatalgia, Kamus 10 Agustus 2023. Doc. marthen radja/citra-news.com

Teman-teman wartawan juga terus mengawal kinerja pemerintah, bisa awasi program dan penganggaran. Agar bisa berdampak positif bagi masyarakat. Pembangunan kesehatan pun terus melaju menuju Indonesia maju dan sejahtera.

Diketahui, sebagai penanda rasa patriotisme dalam menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan RI ‘Kawan NKRI ‘ selain menyelenggarakan Pengobatan Gratis juga beranjangsana ke beberapa Panti Asuhan.

Sumber: Liputan langsung
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Masalah Stunting di Provinsi NTT, HUT Ke78 Kemerdekaan RI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Masalah Stunting di Provinsi NTT, HUT Ke78 Kemerdekaan RI.