Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

MELKY Lakalena Datangkan KEMENKES RI Sosialisasi Program CEGAH DBD

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy -Rumah Web Jakarta
CitraNews

PENJABAT Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay,SE.,M.Si. Doc. citra-news com/PKP setda kotakpg

Funay : Pemerintah Kota Kupang menyambut baik penerapan teknologi Wolbachia karena akan sangat membantu mengatasi wabah demam berdarah (DBD).

Citra News.Com, KUPANG – MENTERI Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, melaunching implementasi Wolbachia sebagai upaya penanggulangan DBD di Kota Kupang.

Kota Kupang menjadi salah satu dari 5 kota di Indonesia yang terpilih sebagai pilot project penanggulangan dengue melalui teknologi wolbachia oleh Kementerian Kesehatan.

Baca Juga :  dr. Marsiana : Mesin Insinerator TIDAK Mubasir

Launching Implementasi Teknologi Wolbachia yang mengusung tema DOBRAK “Deng Wolbachia Ketong Berantas Demam Berdarah di Kota Kupang” ini berlangsung di Kantor Camat Oebobo, Selasa Oktober 2023.

Dalam sambutannya Gunadi Sadikin menyampaikan, satu masalah kesehatan yang perlu mendapat penanganan serius adalah dengue yang merupakan virus yang dibawah oleh nyamuk.

Menurutnya strategi yang dipakai dulu yaitu mengurangi nyamuk sulit dan membutuhkan banyak effort serta mahal. Menjawab persoalan itu, saat ini telah hadir teknologi baru yang diteliti di UGM oleh peneliti Indonesia yang hari ini dipilotprojectkan di 5 kota, salah satunya Kota Kupang.

Baca Juga :  Terus BERTAMBAH Pasien SEMBUH Covid19 di KOTA Kupang

“Mudah-mudahan dengan menjadi pilot project dengue ini, penularan penyakit dengue yang lumayan banyak hampir 100 ribu lebih di seluruh Indonesia bisa menurun,” ungkapnya.

Teknologi Wolbachia ini menurutnya akan membuat nyamuk tidak akan menularkan dengue. Hasilnya akan dengan jelas teramati pada saat musim hujan. Sebelumnya, teknologi wolbachia telah diuji coba di Yogyakarta dan beberapa kota besar lainnya dengan tingkat efektivitasnya mencapai 70% (persen)

Baca Juga :  RSUD S.K LERIK Diminta MERUBAH Manajemen PELAYANAN

Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay,SE.,M.Si. menyampaikan terima kasih kepada Kemenkes RI yang telah menjadikan Kota Kupang sebagai salah satu pilot project penanganan dengue melalui penerapan teknologi wolbachia.

Sumber: Siaran Pers
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Kemenkes RI, Komisi IX DPR RI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Kemenkes RI, Komisi IX DPR RI.