Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

MELKY Lakalena Datangkan KEMENKES RI Sosialisasi Program CEGAH DBD

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy -Rumah Web Jakarta
CitraNews

Funay menyatakan, Program ini sangat membantu mengatasi wabah demam berdarah yang masih menjadi masalah kesehatan serius masyarakat Kota Kupang.

Berdasarkan data per bulan September tahun 2023 ini, sebutFunay, jumlah kasus DBD di Kota Kupang berada pada angka 187. Angka ini jauh lebih rendah dari kasus pada tahun 2022 lalu yang berada pada angka 455 kasus.

“Ini merupakan pencapaian yang signifikan karena berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Kupang dalam pencegahan DBD”, tegasnya.

Baca Juga :  SADARKAN Warga, Keluarga JERIKO Sodorkan TELADAN Vaksinasi

Menurut dia, ada empat cara pemberantasan sarang nyamuk atau disebut Empat M. Yaitu Menutup tempat air, Menguras, Mengubur, dan Menabur Abate dan berbagai macam cara lainnya.

Senada dengan Pj. Wali Kota Kupang, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, S.H., M.D.C, juga turut menyampaikan apresiasi kepada Menteri Kesehatan RI karena telah memilih Kota Kupang sebagai Pilot Project Implementasi Teknologi Wolbachia.

Baca Juga :  Ari Wijana Persilahkan Pemilik BAKSO Melapor Polisi

“Hal ini menandakan bahwa NTT mendapat tempat istimewa dalam perhatian kementerian kesehatan”, ucap Kalake.

Diakuinya, DBD masih menjadi masalah kesehatan yang serius. Semua kabupaten kota di NTT masuk dalam kategori endemic DBD dengan hampir setiap tahunnya terjadi kejadian luar biasa.

Tahun 2002- 2022 terdapat 3376 kasus dengan insidens rate 61,8% per 100 ribu penduduk dan 29 kasus kematian dengan case fatality rate 0,9%.

Baca Juga :  Upaya Taktis Bupati ROBY Cegah Dini DBD

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, S.H., M.D.C., Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Kementerian Kesehatan RI, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, bersama jajaran dari Kemenkes RI.

Kota Kupang Pilot Project

Sumber: Siaran Pers
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Kemenkes RI, Komisi IX DPR RI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Kemenkes RI, Komisi IX DPR RI.