Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Raih Opini WTP Tapi BPK RI Punya Catatan MASALAH

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy -Rumah Web Jakarta
CitraNews

Doktor PIUS Lustrilanang (tengah) pose bersama Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, SH, MDC (kiri) dan Ir EMELIANA Nomleni (kanan) usai menyerahkan  Opini WTP 2023 di Gedung DPRD NTT, Kupang, Kamis 16  Mei 2024. Doc. citra-news.com/biro APim

Odhy Kalake : Opini WTP ini ada beberapa catatan permasalahan dari BPK RI dan menjadi perhatian ……

Citra News.Com, KUPANG – PUBLIK NTT patut berbangga atas torehan prestasi yang dicapai Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam hal pengelolaan keuangan daerah.

Raihan prestasi sekaligus prestise ini dengan sebutan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini berdasarkan penilaian dari Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2023.

Baca Juga :  Kerja NYATA Mendulang PRESTASI

Capaian prestasi dimaksud sekaligus juga menjadi prestise karena opini WTP kali ini adalah untuk ke-9 kalinya. Atau sejak tahun 2015 Pemerintah Provinsi NTT secara beruntun meraih opini WTP.

Sayangnya Opini WTP kali ini memuat beberapa catatan permasalahan pihak BPK RI.

Opini WTP tahun 2023 ini diserahkan langsung oleh Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Pius Lustrilanang, S.IP, M.Si, CSFA, CfrA. kepada Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC dan Ketua DPRD Provinsi NTT Ir. Emelia Nomleni dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi NTT di Kupang, Kamis, 16 Mei 2023.

Baca Juga :  Formasi P3K TERBANYAK Untuk NTT Ada di PEMKAB Kupang, Segini Jumlahnya

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada pimpinan Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Penjabat Gubernur NTT bersama jajaran dan juga Pimpinan DPRD dan jajarannya. Atas komitmen bersama serta kerja sama dan sinergitas untuk terus berkomitmen dalam pengelolaan keuangan negara yang akuntabel”, ujar Pius.

Baca Juga :  Wouw, Dua Tahun Berturut PEMKOT Kupang Raih WTP

Pius dalam sambutannya mengatakan, Hasil Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK berdasarkan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara menunjukkan bahwa Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi NTT tahun 2023 telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) Berbasis Akrual.

Dan ini telah ditetapkan secara memadai dan tidak terdapat ketidakpatuhan, serta pelaksanaan program kegiatan dan pelaporan keuangan tahun 2023 telah dilaksanakan dengan efektif.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, BPK RI menentukan bahwa Opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi NTT tahun 2023 adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sumber: Siaran Pers
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Pius Lustrilanang, BPK RI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pius Lustrilanang, BPK RI.