Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

PENCETUS Ende Kota PANCASILA Telah BERPULANG

CitraNews

Jika bertanya siapa pencetus tanggal 1 JUNI Hari Libur Nasional? Sudah pasti jawabannya Presiden Joko Widodo (JOKOWI). Mengapa. Jawabannya ada pada fakta sejarah.

Cira-News.Com, ENDE TANGGAL 1 JUNI setiap tahun bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir (Istilah) Pancasila. Oleh Presiden RI ke-7 Ir. Joko Widodo (JOKOWI) Hari Besar Nasional ini tidak saja diperingati akan tetapi juga dirayakan. Artinya penanggalannya dijadikan hari libur nasional yang ditandai dengan tanggal merah. Sama dengan penanggalan untuk hari Minggu dan hari besar keagamaan.

Patung Soekarno di halaman rumah pengasingan Bung Karno di Ende Flores. Doc. foto: Tirto.id

Bila menilik sejarah panjang tentang Pancasila maka erat kaitannya dengan ENDE Flores, tempat pembuangan (pengasingan) SOEKARNO oleh bangsa kolonial (penjajah) Belanda antara tahun 1934-1938. Hingga di jaman kemerdekaan tidak kita pungkiri kalau ENDE yang kini jadi ibukota Kabupaten Ende adalah Kota Sejarah Lahirnya Pancasila.

Baca Juga :  Dukung Program Bupati RAY, Gubernur VIKTOR Tanam Jagung
Baca Juga :  E-COMMERCE Bisnis Online Jaman NOW

Sejarah juga mencatat Soekarno (Bung Karno) selama masa pengasingannya ke Ende, dibawah pohon sukun di halaman rumah pengasingan (sekarang dibangun patung Soekarno) Bung Karno terinspirasi Lima Pedoman utama (Lima Sila) butir yang akhirnya dijadikan landasan fundamental bangsa yang dinamai PANCASILA.

Baca Juga :  MATHIAS Mengaku BANGGA Memakai KAIN Tenun NTT

Terinspirasi dari adagium Presiden Soekarno ‘Jasmerah’-Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah– maka Bupati Ende, MARSELINUS YOSEPHUS WINFRID PETU atau akrab disapa MARSEL, getol berjuang terus-menerus memperkenalkan dan mencetuskan Kota ENDE menjadi Kota PANCASILA.

Bupati Marsel Petu ketika diwawancarai terkait kesiapan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ende menyambut Tour de Flores 2016. Doc. foto: marthen radja/citra news