Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

UNBK SMK di NTT Hadapi Kendala Jaringan Telkomsel dan Kelistrikan

CitraNews

Alo Min : Proktor Diminta Lebih Meningkatkan Kapabilitas

Kupang, citranews.com – PELAKSANA HARIAN (PLH) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Drs. Aloysius  Min mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) khususnya UN Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMK pada hari pertama tanggal 2 April 2018 berjalan aman, tertib dan lancar.

“Meski demikian ada beberapa SMK di NTT mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaan UNBK dimaksud. Terutama pada jaringan server mengalami jebol. Selain mengalami kendala soal kelistrikan,”tuturnya.

Dia menjelaskan,  kendala-kendala dimaksud yakni di SMK Negeri 1 Lewoleba KabupateenLembata mengalami gangguan jaringan internet. Sehingga Sesi I UNBK yang seharusnya dilaksanakan pada Jam 07.30 Wita undur setelah Sesi III sehingga dilaksanakan pada pukul 15.45 Wita.

Baca Juga :  Perbaikan DPT PEMILU 2019 Diperpanjang 60 Hari

Berikut, di SMKN Bina Mandiri di Kabupaten Manggarai Barat, Sesi I tertunda disebabkan oleh gangguan jaringan internet. Setelah dikomunikasikan dengan PT Telkomsel di Nggorang untuk menaikkan penguat signal. Sehingga Sesi I ditunda setelah Sesi III.

Kemudan di SMKN 6 Kota Kupang di ruang pertama itu, server utama jebol. Sehingga Sesi I dan II dilaksanakan dengan menggunakan server cadangan dan dimulainya ujian agak siang. Sedangkan SMKN 2 Kota Kupang, server utama pada ruang 1 mengalami jebol. Kemudian diupayakan dengan berbagai cara sehingga siswa melaksanakan ujian serentak dengan menggunakan server cadangan. Ujian berakhir pada pukul 21.00 Wita. Kemudian kita meminta pusat agar jangan menutup jaringan supaya upload bisa selesai baru ditutup. Itu terjadi pada hari pertama UNBK.

Baca Juga :  Irfan : Situasi Pandemi Covid19 MUTU Pendidikan BUKAN Hal Utama

Dan pada hari kedua Selasa 3 April 2018 terjadi permasalahan di SMKN 2 Kota Kupang. Yaitu server utama di ruang 4 jebol kemudian diminta diaktifkan server cadangan dan sudah dilakukan. Itu terjadi pada hari pertama dan hari kedua. Sedangkan pada hari ketiga (Rabu, 4 April 2018) pelaksanaan UNPK berjalan lancar. Namun untuk UNBK mengalami masalah di SMKN Wulanggitang Kabupaten Flors Timur. Dimana pada Sesi I selesai ujian power suplay rusak.  Karena listrik turun naik (spaning) atau tidak stabil sehingga dilakukan perbaikan dulu. Tetapi setelah server utama ditangani oleh Helpdesk  bahan ujian tidak bisa diselamatkan (data hilag). Jalan keluarnya adalah mengikuti ujian susulan yang diselenggarakan pada tanggal 17-18 April 2018.  Tetapi pada hari ketiga masuk ke  Sesi III harus pindah ke ujian susulan.

Baca Juga :  Pengembangan MODUL Sekolah MODEL 4 Tahun di 5 SMKN Se-KOTA Kupang

“Tidak  bisa pindah ke hari Kamis, 5 April 2018 karena masih ada ujian. Sistemnya begitu. Jikalau masih bisa diselamatkan sampai dengan jam 10 malam (pukul 22.00 Wita) maka bisa dilakukan. Akan tetapi datanya hilang semua (blank) sampai dengan pukul 22.00  Wita,”tandasnya.

Berikut di SMKN 1 Kota Kupang, server utama bermasalah pada Sesi I sedangkan hasil ujian belum sempat upload ke pusat dan status pesertanya kosong (blank).  Kita berharap bisa terselamatkan malam ini dengan batas waktu sampai dengan pukul 22.00 Wita.