KADO Terakhir Lebu Raya Untuk Rakyat Sikka

Tinggal menghitung hari Gubernur Nusa Tenggara Timur, Drs. Frans Lebu Raya menyelesaikan beberapa tugas pokok selaku kepala daerah. Diantaranya menandatangi pelakat dari sejumlah pekerjaan proyek yang terbangun selama ia menjabat sebagai Gubernur. Salah satunya adalah meresmikan Terminal Penumpang Pelabuhan Laut Lorens Say di Maumere. Fakta ini hampir pasti menjadi Kado (hadiah) terakhir dari Frans Lebu Raya untuk rakyat di Kabupaten Sikka.

 

Maumere, citra-news.com – GUBERNUR NTT Drs. Frans Lebu Raya pada Jumat, 11 Mei 2018 meresmikan Terminal Penumpang di Pelabuhan Lorens Say Maumere Kabupaten Sikka. Terminal penumpang yang dimaksud merupakan salah satu dari 6 unit terminal yang dibangun PT Pelindo III Surabaya.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat atas upaya dan komitmennya membantu pemerintah Provinsi NTT. Pemerintah pusat melalui BUMN telah membangun sarana/prasarana pelabuhan di Provinsi NTT. Dengan kondisi keuangan yang terbatas saat ini pemerintah NTT tidak bisa membangun fasilitas yang megah seperti ini,”ungkap Lebu Raya dalam sambutannya.

Bantuan dari BUMN menurut Lebu Raya, ini merupakan bagian dari tanggung jawab negara dalam hal ini pemerintah pusat. Negara juga harus hadir membantu kekurangan-kekurangan yang ada di daerah. Jika ada ada campur tangan dari pemerintah pusat maka sangat tidak mungkin sarana dan fasilitas yang ada bisa terbangun.

Kepada masyarakat, Gubernur NTT dua periode itu meminta agar semua fasilitas umum yang ada dijaga dan dirawat sebaik-baiknya. Sehingga bisa bertahan sampai ke anak cucu. “Hindari vandalism, coret-moret, buang sampah di sembarang tempat. Patuhilah aturan yang ada agar fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk waktu yang lama sampai ke anak cucu,”pintanya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Pelindo III, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, terminal penumpang yang ada mulai dimanfaatkan saat lebaran. Meskipun pemanfaatannya harus didahului ijin kerjasama dengan Kepala ASDP atau Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Laut.

“Ini sebuah mekanisme yang harus kami lakukan. Dan pembangunan Teriman Penumpang yang ada ini merupakan komitmen pemerintah pusat melalui BUMN bahwa kami hadir bersama masyarakat dan negara,”tuturnya.

Menjawab citra-news.com eksistensi dari terminal pelabuhan, menurut Gusti, di Inddonessia sebanyak 14 Terminal Penumpang Pelabuhan Laut yang dibangun oleh Kementerian BUMN. Provinsi NTT juga kebagian ‘jatah’ diantaranya masing-masing Terimanl Penumpang Pelabuhan Laut (TPPL) Lorens Say  Maumere, TPPL Ipi di Ende, TPP Kalabahi Alor, TPP Waingapu Sumba Timur dan TPP Tenau Kupang.

Menurut Gusti pelabuhan laut adalah juga salah satu obyek pariwisata menarik bagi wiatawan mancanegera. Karena itu perlu pemerintah pusat melalui kementerian terkait membangun fasilitas pelabuhan dan terminal yang memadai erta berstandarinternasional.

“Ini salah satu langkah maju pemerintah dalam upaya menggenjot wisatawan domestic dan mancanegara yang akhir-akhir lebih berminat berwisata melalui laut. Mekera menggunakan transportasi laut karena laut di NTT khususnya laut Flores sangat bagus dan alamiah,”kata Gusti

Terkait fasilitas dermaga yang belum dibangun, tambah Gusti, pasca pengoperasian Terminal Penumpang ini, akan dibangun secara bertahap prasarana pendukung lainnya seperti dermaga. Karena Dermaga menjadi bagian penting karena menjadi daya dorong masyarakat berminat melakukan perjalanan menggunakan kapal laut.

Hal senada disampaikan juga Yohanes Kumanireng, Kepala Pelabuhan Laut Lorens Say Maumere. Kata dia, ada dua dermaga dan salah satunya sedang dalam proses pembangunan. Jika selesai dibangun maka dermaga yang ada khusus untuk penumpang dari Terminal yang sudah ada.

“Sekarang kapal penumpang biasa tambat di pelabuhan yang juga digunakan untuk bongkar muat barang. Jaraknya dengan Terminal yang ada lebih dekat jika dibandingkan dengan dermaga yang sedang dibangun. Hal inilah yang kita sedang pikirkan soal aksesibilitas penumpang ,” tandasnya. +++ amor/cnc

 

Gambar : Gubernur NTT Drs Frans Lebu Raya menandatangani plakat pertanda pengresmian Terminal Penumpang Pelabuhan Laut Lorens Say Maumere. (doc. armando/CNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *