Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Raih Opini WTP Itu Sulit Tapi Lebih Sulit Mempertahankan

CitraNews

“Terima kasih juga kepada segenap masyarakat Kabupaten Sikka selaku subyek yang kami, Pak Bupati Drs. Yoseph Ansar Rera dan saya selaku Wakil Bupati, layani selama ini,”kata Nong Susar.

Hakekat opini WTP yang diberikan pihak BPK, menurut Nong Susar, merupakan pernyataan profesionak pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan, dan diasarkan pada 4 (empat) kriteria. Yaitu kesesuaian dengan standard akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adquate disclosures, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian interen. Adapun 4 (jenis) Opini BPK yaitu Wajar Tanpa Pengecualian/WTP (unqualified opinion); Wajar Dengan Pengecualian/WDP (qualified opinion); Tidak Wajar (adversed opinion); dan Tidak Menyatakan Pendapat (Disclaimer of Opinion).

“Nilai tertinggi yakni WTP diperoleh pertama kalinya Kabupaten Sikka atas LKP tahun 2016. Dan kini berhasil mempertahankannya untuk LKP tahun 2017pada tanggal 6 Juni 2018. Mempertahankan itu presasi lebih,”ungkap Nong Susar.

Baca Juga :  115 Miliar Dana Inbreng PEMKAB Kupang PERKUAT Modal Inti Bank NTT