Pendekar KTP ‘ROMA’ Diarak Keliling Kota MAUMERE

Si Gaul alias Gagal Ulang-ulang Pilkada Kabupaten Sikka, ROBY Idong kini memetik hasilnya. Di Pilkada Serentak 27 Juni 2018 Roby naik singgasana ke kursi Bupati Sikka.

Maumere, citra-news.com – FRANSISKUS Roberto Diego Idong alias ROBY Idong, adalah birokrat yang berkarakter petarung sejati. Betapa tidak. Walaupun sedang menyandang jabatan di ASN (aparatur sipil negara) Roby juga meransek masuk ke ‘kubangan’ politik. Faktanya Roby sudah tiga kali beruntun bertarung di Pilkada Kabupaten Sikka.

Luar biasa! Sekiranya ungkapan itu saja yang mengiasi bibir rakyat kabupaten yang berkepulauan ini. Setelah berulang gagal tapi nama Robby Idong kembali muncul di Pilkada Serentak 2018, sebagai salah satu kontestasi Pemilu.

Lantaran nama Robby Idong selalu terngiang di kuping dan sudah melekatsatu di hati rakyat maka ketika maju bertarung di Pilkada Serentak 2018, rakyat Kabupaten Sikka merelakan KTP-nya ketika itu untuk mengusung Roby jadi calon Bupati Sikka 2018-2013.

Untuk diketahui di Pilkada Serentak 2018 Roby Idong meminang Romanus Woga (calon wakil bupati) dengan mahar satu ekor kuda. Setelah jadi ‘kawin’ Roby Idong harus door to door mengetuk pintu Partai Politik (Parpol). Tapi rupanya saat itu sudah tidak ada tempat lagi bagi Roby dan Romanus melabuhkan harapan. Walaupun konon ada uang sirih pinang untuk dibukakan pintu  Parpol, tapi Parpol sudah punya orang-orang pilihan.

Hampir pasti beralaskan falsafah ‘napas kuda’ pasangan dengan tagline ROMA ini menempuh jalur IDEPENDENT alias non Parpol pengusung dengan mengumpulkan KTP pemilih. Alhasil dari hasil pengumpulan KTP inilah berbuah manis. Pasangan ROMA terpilih dengan perolehan suara sebanyak 63.040 suara sah atau sebesar 40,11 persen. Sehingga praktis mengalahkan dua pasangan lainnya yakni Yoseph Ansar Rera/Rafael Raga yang mengantongi suara 44.417 suara atau 28,25 persen suara.  Dan pasangan Aleksander Longginus/Stefanus Say dengan rai suara sebanyak 44,696 atau 31,62 persen suara.

Dan akhirnya kini secara de jure dan de facto ROBY Idong – ROMANUS Woga jadi Bupati dan Wakil Bupati Sikka periode 2018-2023. Keduanya dilantik Gubernur NTT ke-8 VIKTOR Bungtilu Laiskodat, di Gedung Sasando Kupang pada Kamis 20 September 2018.

Usai dilantik Gubernur VIKTOR Bupati Sikka ROBY Idong diboyong panitia ke rumah Masri Sadipun di bilangan Oebufu Kota untuk menerima recikan huler wair dan sapaaan adat dari bapak Achri Deodatus. Dan bahkan pada malam harinya Dan tidak luput  Gubernur VIKTOR dan Wagub JOSEF pun turut hadir dalam misa syukur.

Lautan Manusia Sambut ROMA

Bak bulu perindu, tidak berbeda dengan kemeriahan sambutan Sang Bupati dan Wakil Bupati Sikka ini oleh Kerukunan Keluarga Besar Maumere (KKBM) di Kupang. Dari awal tiba hingga hari ‘H’ pelantikan ROMA ditaburi nuansa budaya Sikka. Sapaan adat nan membalutsatu dengan Tarian Hegong diiringi Gong Waning menjadi saksi sejarah gegap gempitanya kemeriahan penyampbutan Sang Bupati dan Wakil Bupati Sikka, ROBBY Idong dan ROMANUS Woga.

Disaksikan citra-news.com pada Jumat 21 September 2018 Kota Maumere bagaikan lautan manusia. Pendekar KTP ini setelah tiba Bandara Frans Seda, diarak keliling kota. Ribuan massa menyambutnya dalam sukacita kemenangan. Jalan-jalan strategis di kota Maumere dilalui ROMA melambaikan tangan dengan ‘dua jari’ (simbol V) kemenangan rakyat Kabupaten Sikka.

“Hari ini kami bangga sekali pemimpin baru. Tdiak peduli dengan panas matahari karena kami kemarin tidak melihat langsung pelantikan ROMA di Kupang,”ungkap pria yang mengaku bernama Baco  itu.

Berbeda dengan Hendra dan Dody, warga Kelurahan Wairotang. Keduanya berharap agar pemimpin baru ini dapat menjalankan roda pemerintahan secara jujur dan bersih. Serta adil dan merata dalam mereposisi jabatan.

“Perbedaan pilihan politik adalah dinamika demokrasi yang tidak perlu menjadi sekat untuk membeda-bedakan porsi pembangunan Kabupaten Sikka. Saat ini tidak ada lagi sikut menyikut . mari kita sama-sama berganengan tangan membangun masyarakat  Nian Tanah Sikka yang lebih sejahtera,”ucap Hendra.

Terjadwal selesai penyambutan foreder keliling kota, ROMA kembali ke rumah pribadi masing-masing. Selanjutnya pada malam harinya digelar pesta rakyat di rumah pribadi Bupati ROBBY di Nara. Didahului dengan misa syukur.   +++ cnc1/amor-CNC

Penulis : armando WS/CNC

Editor : marthen radja

Gambar : Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sikka, ROBY Idong dan ROMANUS Woga diarak keliling kota Maumere, Jumat 21 September 2018

Foto : doc. CNC/Armando WS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *