Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

DESMIGRATIF Formula Tepat Bagi TKI ke Luar Negeri

CitraNews
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Dia mengatakan, kunjungannya ke Desa Done ini adalah untuk memantau langsung program Desmigratif yang merupakan program Kementerian Ketenagakerjaan. Dimana program ini difokuskan pada desa-desa yang menjadi kantong TKI. Dengan berbagai pelatihan ketrampilan dan kegiatan usaha ekonomi produktif.

Menurutnya Kabupaten Sikka merupakan salah satu kabupaten/kota di Provinsi NTT yang secara angka menjadi penyumbang TKI keluar negeri. Dan keempat desa yang ada di Kabupaten Sikka ini telah terdata di Kementerian tenaga kerja untuk mendapat perhatian khusus melalui intervensi program Desmigratif.

Sementara Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sikka, Germanus Goleng mengatakan, Desa Done adalah salah satu desa mandiri sasaran program Desmigratif (Desa Migran Produktif) dari 4 (empat) desa yang ada di Kabupaten Sikka.

Baca Juga :  Jadikan SEKOLAH Area Belajar Yang MENYENANGKAN

Dia menyebutkan di Desa Done di Kecamatan Magepanda terdapat 3 (tiga) kelompok tenaga kerja mandiri yang dibentuk oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sikka. Dimana setiap kelompok terdiri dari 20 orang (bahkan lebih) diberikan pelatihan mengolah bahan makanan dan produk olahan lainnya dari potensi yang dimiliki desa tersebut. Diantaranya pisang diolah jadi keripik pisang atau sate pisang dengan aneka rasa. Buah kemiri jadi minyak kemiri. Minyak kelapa yang diolah dari buah kelapa dan produk lainnya dari pohon kelapa. Sama halnya juga tiga desa mandiri migran lainnya. Masing-masing Desa Dobo Kecamatan Mego, Desa Tuanggeo dan Desa Kesokpoja di Kecamatan PaluE.

Baca Juga :  Kemana ‘Rimba’ BBM Jadi LANGKA di Daerah Perbatasan NTT
Baca Juga :  LURAH Belo KAGET Warga MENINGGAL Karena COVID19

“Menariknya anggota kelompok yang ada umumnya adalah purna atau mantan TKI. Sasaran program Desmigratif adalah desa dimana sebagian besar penduduknya banyak mengirimkan TKI keluar negeri,” jelas Germanus.