Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Penataan DESTINASI Harus SELARAS Alam dan STANDAR Global

CitraNews

“Ini semua adalah anugerah Tuhan yang luar biasa istimewahnya. Juga dibangun hotel megah berbintang tapi giliran masuk ke kamar water closed (wc/toilet) ternyata berbau amis dan pesing. Tidak sehat dan tidak terawat, air tersumbat.  Maka hilanglah gairah keindahan dan lenyaplah penghargaan akan keindahan itu dan berkurang pula respek pada kualitas manusianya,”kata Heri.

Menurutnya mutu hidup suatu bangsa ternyata tak terpisahkan dari standar kamar WC-nya. Kebersihan adalah bagian dari iman, kebersihan adalah pangkal kesehatan, kebersihan adalah jaminan mutu. Kaebersihan adalah juga keindahan dan keindahan mampu menimbulkan daya tarik. Dan daya tarik adalah modal utama promosi pariwisata terutama, tandasnya.

Bahwa pada faktanya, beber dia, sering kita melihat penampilan beberapa gedung hotel mewah. Tapi kenyataannya bila kita masuk kedalam sering mendapai beberapa ironi yang membuat kita malu. Keindahan dari luar tak sweri8ng dengan penataan di dalam. Antara lain kita menemukan kamar mandi, WC yang kotor berbau tengik dan tiak memenuhi standar kesehatan. Dan banyak fakta miris lainnya serta paradoksal pengalaman yang hanya bisa kita jadikan sebagai pengalaman.

Baca Juga :  Selamat Jalan GURUKU Suster MARIA KARITAS, SSpS
Baca Juga :  Bupati TAOLIN Ajak Warga BELU Manfaatkan Digitalisasi SISKEUDES Bank NTT

Heri mengisahkan dirinya pernah malu akibat fakta paradoksal ini.  Kala itu dirinya sebagai guide (pemandu/pramu wisata) membawa beberapa turis asing asal negeri Paman Sam Amaerika Serikat, mengunjungi Kabupaten Sikka bahkan Flores umumnya.

Kenyataan terbalik jauh panggang dari api yang diinginkan dan dipikirkan oleh wisatawan manca negera ini. Tempat wisata, fasilitas umum, hotel, wisma, restoran, dan rumah penduduk, bahkan kantor pemerintahan juga kondisi toiletnya sangat memprihatinkan.

Baca Juga :  Bunda JULIE Laiskodat dan Ajakan GEORGE Hadjoh MARIMAMPIR ke Sentra UMKM Gereja MORIA Liliba

Dari pengalaman ini Heri mengatakan BPPD Sikka punya program penataan terhadap semua fasilitas umum, mentalitas pelayanan, sampah yang dibangun selaras dengan alam dan standardisasi global. Juga program-program lainnya yang menunjang wisatawan untuk lebih bergairan dan betah tinggal.