GENCAR Menggelegar di Momentum SUMPAH PEMUDA

WINSTON Neil Rondo. S.Pt. Ketua Umum BMPS Provinsi NTT. Doc. citra-news.com/istimewa

Winston : Semarakan Hari Sumpah Pemuda, BMPS NTT menyelenggarakan GENCAR Hybrid Festival Sekolah Swasta se-NTT.

Citra-News.Com, KUPANG – BADAN MUSYAWARAH Perguruan Swasta Provinsi Nusa Tenggara Timur (BMPS NTT) memaknai semarak sumpah pemuda tahun 2021 dengan menyelenggarakan GENCAR (Generasi Cerdas) Hybrid Festival BMPS NTT Tahun 2021.

Ketua Umum BMPS NTT, Winston Neil Rondo, S.Pt mengatakan, setiap tahun BMOS NTT selalu merayakan hari Sumpah Pemuda dengan aneka kegiatan.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini BMPS NTT menyemarakkan Sumpah Pemuda dengan melibatkan siswa sekolah swasta dari berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK se-Provinsi NTT,” tuturnya.

Dikataknnya, GENCAR (Generasi Cerdas) Hybrid Festival BMPS NTT Tahun 2021 melaksanakan kegiatan dalm dua model. Kegiatan via offline-nya dilangsungkan di Aula Komodo Kantor DPD RI Perwakilan NTT. Sementara via online bisa diakses melalui beberapa platform medsos BMPS. Acara tersebut dimulai pad Kamis 28 Oktober 2021 pukul 09:00 Wita.

Mantan Ketua Komisi V DPRD NTT ini menyebutkan peserta yang sudah terdaftar 157 orang. Mereka mewakili 55 sekolah swasta se-NTT.

“Peserta tahun ini lebih banyak. Kami senang, karena antusiasme peserta cukup tinggi. Sebagian besar peserta tersebut bergabung via zoom,” ujar Winston.

Pada festival tahun ini cukup menggelegar namun tetap mentaati Protokol kesehatan. Oleh kerena itu BMPS menggunakan pendekatan Hybrid Festival dimana sebagian pesertanya hanya 30-50 saja yang bergabung secara tatap muka. sedangkan peserta yang lain bergabung secara virtual atau online.

“Ini untuk ke-4 kalinya BMPS NTT menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Kegiatan tersebut merupakan upaya mempromosikan mutu dan kualitas sekolah swasta di NTT,” tegasnya.

Dalam mensukseskan kegiatan ini, tambah Winston, BMPS NTT bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kota Kupang.

“Kami menyelenggarakan generasi cerdas-Gencar Festival BMPS Hybrid tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari penuh mulai tanggal 28 – 30 Oktober 2021. Kami mengambil momentum hari Sumpah Pemuda sebagai semangat baru bagi sekolah swasta NTT untuk terus berkontribusi bagi pembangunan bangsa, khususnya di bidang pendidikan,” urai Winston.

Menurut Winston, kegiatan tersebut memang dibuat spesial untuk sekolah swasta, SD-SMP itu melibatkan sekolah swasta di Kota Kupang.

Sedangkan untuk tingkatan SMA/SMK se-NTT, ada beberapa kategori acara, yaitu ada webinar tentang literasi digital. Dengan pematerinya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang akan diwakili oleh Deputi V, Suhardi Phd dan juga Ketua Umum BMPS Nasional Dr. Kisaur Panjaitan XIII.

Selain kegiatan tersebut, lanjut dia, kegiatan kunci BMPS Hybrid Festival adalah pentas seni online SMA/SMK swasta se-NTT.

Berikut Lomba Pidato hari Sumpah Pemuda antar SMA/SMK se-NTT; Lomba mewarnai untuk kelas 1-3 SD; Lomba fasihion show tenun ikat untuk SD-SMP di Kota Kupang. Juga ada doa untuk bangsa dan negara; Serta yang terakhir ada bedah buku.

Diketahui bahwa BMPS NTT telah mencetak dua buku. Buku pertama ditulis oleh para guru sekolah swasta TK, PAUD, SD, SMP, SMA. Buku ersebut akan dibedah secara bersama sebagai bagian dari gerakan literasi BMPS.

Serangkaian acara tersebut menjadi bagian dari Gencar BMPS Hybrid Festival Tahun 2021.

Beberapa pejabat dipastikan hadir secara virtual untuk memberikan suport untuk acara ini, diantaranya Menko PMK yang diwakili oleh Deputi V, Ketua Umum BMPS Nasional, senator DPD RI asal NTT, Hilda Manafe, Ketua DPRD NTT, Emy Nomleni, Kadis Pendidikan Provinsi, Kadis Pendidikan Kota Kupang serta para tokoh lainya yang akan memberi motivasi semarak acara ini.

Winston kembali menegaskan, kegiatan ini dilakukan secara Hybrid karena masih dalam situasi pandemi Covid19. Khususnya Kota Kupang masih menerapkan PPKM Level 2. Sehingga sebagian peserta akan bergabung dengan tiga cara. Pertama melalui link zoom yang bisa diakses hingga 500 orang. Yang kedua, melalui media sosial BMPS yaitu fanpage Facebook BMPS NTT, YouTube BMPS NTT.

Winston menyampaikan terima kasih atas partisipasi atas kehadiran dan dukungan dari bapak/ibu kepala sekolah, para guru dan siswa sekolah swasta di NTT.

“Ini momentum kebangkitan, momentum kebangkitan sekolah swasta. Mari kita rebut kesempatan ini untuk memberi warna, memberi kontribusi positif untuk membangun pendidikan NTT lebih baik lagi. Dari, Oleh dan Untuk sekolah swasta untuk NTT lebih baik,” pungkasnya.8

Berikut peserta lomba dan pensi yang sudah mendaftar, beber Winston, yakni Keseluruhan Peserta Lomba Mewarnai SD; Fashion Show SD dan SMP; Derta Lomba Pidato dan Pensi untuk SMA/SMK Swasta, berjumlah 157 peserta. Terdiri dari 13 SD Swasta, 15 SMP Swasta serta 14 SMA/SMK Swasta di Kota Kupang dan 14 sekolah swasta di Kabupaten

Untuk giat lomba masing-masing, Lomba mewarnai ada 39 Peserta; Lomba Fashion Show SD sebanyak 35 Peserta; Lomba Fashion Show SMP ada 41 Peserta

Sementara Lomba Pidato berjumlah 44 Peserta; dan Pensi ada 9 Sekolah. +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.