Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Diduga KONGKALINGKONG Pelaksanaan UKK Dimajukan

CitraNews

Dugaan kebobrokan penatalaksanaan pendidikan di SMKN 5 Kota Kupang yang selama ini terjadi, dibungkus rapih oleh kepala sekolah (Kasek) dan atau PLT Kasek dan kroni-kroninya. Namun borok itu mulai satu persatu terungkap. Diantaranya kegiatan UKK yang seharusnya dilaksanakan pada April tetapi dimajukan ke Pebruari 2019. Kuat dugaan sudah terjadi kongkalingkong dengan Kabid SMA/SMK (sekarang Kabid Dikmen) di Dinas P dan K Provinsi NTT.  Astafirulah ya rabiulalamin…!

Kupang, citra-news.com – UJIAN Kompetensi Keahlian (UKK) untuk siswa kelas akhir Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah bagian dari pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Jika siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dikenal dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maka untuk siswa SMK dengan sebutan UKK. Dan pelaksanaannya baru terjadi pada bulan April 2019.

Terkait dengan pelaksanaan ujian nasional (UN) tersebut, Drs. Aloysius Min membenarkannya. Menurut Alo, Ujian Nasional untuk siswa kelas akhir baik SMA maupun SMK baru terlaksana pada April 2019.  “Tanggal pelaksanaan UN kalau tidak salah sekitar tanggal 1,2,4-6 dan tanggal 8 April 2019 untuk tingkat SMA/SMK,”ucap Alo, di ruang kerjanya, Rabu 6 Pebruari 2019.

Baca Juga :  Doktor James : KOLABORASI Bumdes Dengan Bumda Perlu Persiapkan SDM Handal
Baca Juga :  CEGAH ‘Stunting’ Gubernur VIKTOR Tanam KELOR

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT (sekarang nomenklatur berubah akibat penggabungan dinas pendidikan dan dinas kebudayaan) ini meyakini bahwa pelaksanaan UN nantinya berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan. Juga jumlah siswa yang mengikuti UN tidak berubah sampai hari “H” pelaksanaan ujian.

Bahwa dari data yang tercover di dinas khusus siswa SMA/SMK se-NTT, sebut Alo, sebanyak 21.481 siswa SMK UN TKJ (Teknik Kejuruan). Dan siswa SMK UNKP Ujian Nasional Kertas Pensil) sebanyak 2.534 orang. Sementara siswa SMA dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sebanyak 50.918 orang. Dan UNKP sebanyak 12.723 orang.

Baca Juga :  ASN Bermental PRIYAYI Musuh Besar Pelayanan Publik

Meskipun adanya pengalihan kewenangan mengurus SMA/SMK ke tingkat provinsi dalam hal ini Dinas P dan K Provinsi NTT, lanjut Alo, akan tetapi urusan pendidikan adalah juga menjadi urusan dinas ini maka kita cover juga jumlah siswa UN tingkat SMP dan sederajatnya. Untuk siswa SMP/sederajat khususnya mengikuti UNBK terdata 32.924 orang.