Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

OPTIMIS Pelaksanaan UNBK Aman Kecuali ‘Force Major’

CitraNews

Menyoal pelaksanaan UNBK di Provinsi NTT, Alo mengakui sudah banyak sekolah yang mendaftar jadi peserta UNBK 2019. Ada beberapa sekolah yang UNKP. “Kami sangat optimis kalau UNBK kali bisa terlaksana lebih aman dan nyaman. Laporan tertulis dari banyak  sekolah menyatakan kesiapan peralatan komputer, server dan lainnya sudah ready. Bahkan berkali-kali dikakukan uji coba iya dalam konndisi baik. Demikian juga kesiapan siswanya.”

Seperti diberitakan citra-news.com sebelumnya, Alo mengatakan, guna menjawabi kekurangan peralatan komputer di sekolah penyelenggara dilakukan sharing alat baik antar sekolah setingkat atau tidak setingkat dalam kabupaten/kota. Bahkan share alat antar kabupaten/kota.  Karena berbeda jadwal bisa sharing antara SMA dengan SMK atau dengan SMP.

“Untuk menjawab kekurangan peralatan bagi kita di NTT ada spesifikasinya. Yakni dengan UNBK system Off Line atau UNKP. Pertimbanganya, ada komputer namun kurang daya listrik atau  bahkan tidak ada jaringan listrik. Kemudian karena kondisi geografis yang berpengaruh pada aksesibilias mobilisasi peralatan,”jelas Alo saat ditemui di ruang kerrjanya Rabu, 6 Pebruari 2019.

Baca Juga :  MAJUKAN Kota Kupang GEORGE Hadjoh Temui KONJEN RRT di Denpasar
Baca Juga :  SOLID Menjaga Pilkada Berkualitas dan AMAN Covid-19

Sementara jumlah siswa, sebut Alo, untuk UNBK SMK sebanyak 21.481 orang dan UNKP 2.534 orang. SMA sebanyak 50.818         orang (UNBK) dan UNKP sebanyak 12.723 orang. Sedangkan SMP untuk UNBK sebayak 32.9 orang. Jadwal   UNBK siswa SMK tanggal 25-28 Maret  dan SMA pada tanggal 1-8 April 2019. Untuk siswaSMP tanggaal 24-28 April 2019.

Pelaksanaan UNBK juga menggunakan system SIFT, tergantung jumlah siswanya. Dalam pengoperasian peralatan sudah ada Proktor (penjaga server) yang jua sudah terlatih. Juga ada Help Desk yang tuasnyamem-back up pergerakan data dari Proktor.

Baca Juga :  Untuk Peningkatan SDM di NTT, Bunda JULIE Laiskodat Beri BUKTI Bukan LIP SERVICE

“Ini semua untuk mengantisipasi terjadinya “Force Major” kejadian darurat saat UNBK berlangsung. Karena masalah kelistrikan  biisa sja sewaktu-waktu terganggu. Ataukah Telkom dengan signal yang juga labil. Iya benar terjadi force major, siswa bisa ujian ulang (susulan). Namun secara psikis sangat terganggu. Tadinya siswa sudah siap mental dan terkonsentrasi akan buyar seketika. Jadinya hasil  ujian bisa melorot,”ucapnya.