Tim BUSER Polres Kupang Kota BEKUK Tiga Pelaku CURI UANG

Hampir pasti titik nadir kesabaran tim Buser akan memuncak, jika pelaku kejahatan melakukan serangan balik yang membahayakan. Maka timah panas adalah pelabuhannya.

Kupang, citra-news.com – TIM BUSER (Buruh Sergap) Kepolisian Resor Kupang Kota, pada Jumat 22 Maret 2019 berhasil membekuk 3 (tiga) pelaku pencurian uang. Ketiga pelaku kejahatan itu masing-masing atas nama FERDO Pattikawa alias Edo; SUDIRMAN Bin Moh. Ali alias Aden; dan KOSMAS Damianus Suban alias SUBAN.

Kasat Reskrim Polres Kupang Kota, Iptu BOBBY J. Mooynafi, SH, MH kepada awak media citra-news.com dan mediapurnapolri.co.id  mengatakan, Tim Buser Polres Kupang Kota pada Jumat 22 Maret 2019, berhasil membekuk tiga pelaku pencurian uang.

“Ketiga pelaku kejahatan pencurian uang yang berhasil ditangkap Tim Buser itu, saat ini sedang kami amankan di Mapolres Kupang Kota. Dalam menindaklanjut perkara ini selain mengamankan pelaku dan pemberkasan, Tim juga tengah melakukan pengembangan kasus tersebut,”kata Bobby di ruang kerjanya, Senin 25 Maret 2019.

Kronologis kejadiannya, jelas Bobby, pada Jumat tanggal 22 Maret 2019 sekitar pukul 13.00 Wita, RAFAEL Reha Amuntoda (Korban) keluar dari Bank NTT Cabang Kupang yang beralamat di Jalan Cak Doko, Kelurahan Oetete Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Rafael (Korban) saat itu baru selesai mengambil uang di Bank tersebut sebesar Rp 52.500.000,00.- Selanjutnya uang tersebut korban simpan dalam kantong plastik warna hitam dan meletakannya di kursi depan sebelah kiri. Korban lalu pergi meninggalkan Bank tersebut menuju ke rumahnya dengan mengendarai mobil Kijang warna abu-abu metalik miliknya. Korban melewati Jalan Cak Doko dengan mobil Kijangnya itu dan sesampainya di depan Kantor Dharma Wanita Provinsi NTT (Lokasi Kejadian) korban merasa ban mobil sebelah kiri oleng dan kemudian korbanpun turun untuk mengecek kondisinya. Korban melihat ban mobilsah kiri bagian belakang sudah kemps. Selanjutnya  korbanpun menghubungi ALFRED Selan (Saksi) untuk mengantarkan doma. Dan tidak lama kemudian datang tersangka KOSMAS seorang diri dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion. Kosmas lalu pura-pura menanyakan, “Ini jalan apa”. Kemudian korban menjawab, ini jalan pisang. Tersangka Kosmas lalu bertanya lagi kepada korban, “Kalau jalan menuju SMAN 3 Kupang lewat mana”. Dan koban menjawab, kalau jalan menuju SMAN 3 Kupang jalan lurus.

Pada saat Korban dialog dengan Tersangka Kosmas alias SUBAN, lanjut Bobby, kedua tersangka yakni Tersangka FERDO Patikawa alias EDO dan Tersangka SUDIRMAN Bin Moh. Ali alias ADEN dengan berboncengan menggunakan sepeda motor Yamaha NMax sudah berada di sekitar lokasi kejadian (tempat kejadian perkara/TKP). Kemudian tersangka EDO turun dari sepeda motor dan langsung menuju mobil korban. Sementara Tersangka ADEN menunggu disepeda motor. Selanjutnya Tersangka EDO pun membuka pintu depan samping kanan mobil korban dan langsung mengambil uang korban. Yang saat itu uang korban diletakan di kursi depan sebelah kiri. Stelah Tersangka EDO berhasil mengambil uang tersebut lalu berjalan menuju tersangka ADEN yang tengah menunggu di sepeda motor.

Kedua tersangka EDO dan ADEN pun mluncur pergi dengan sepeda motor menuju kos-kosan Tersangka EDO. Sedangkan Tersangka Suban alias SUBAN setelah dialog dengan Korban Rafael langsung jalan meninggalkan korban.

Dan kembali Saksi Alfred membuka pintu mobil dan dia melihat kantong plastic yang berisi uang yang disimpan di kursi depan sebelah kiri itu sudah tidak ada lagi. Sehingga saksi dan korban datang ke Polres Kupang Kota untuk melaporkan kejadian tersebut. Dan Tim Buserpun menemui korban untuk interogasi korban dan menujukkan korban foto-foto residivis n dari foto-foto itu salah satunya korban kenal yakni tersangka Kosmas alias SUBAN.

Selanjutnya, tegas Bobby, Tim Buser langsung  bergerak dan melakukan penangkapan terhadap para tersangka di kos-kosan. Dan pada saat melakukan penangkapan para tersangka itu, Tersangka ADEN berusaha melarikan diri. Namun berhasil dilumpuhkan oleh TIM Buser Polres Kupang Kota.

Setelah ketiga tersangka berhasil ditangkap (dibekuk/diringkus) petugas kepolisian, ketiga pelaku kejahatan itu kemudian diinterogasi. Dan ketiga tersangka pencurian uang itu mengaku perbuatannya. Bahwa mereka telah mencuri uang milik korban Rafael see Rp 52.500.000,00 terebut. Uang tersebut juga sudah dibagi-bagi dengan besaran masing-masing Tersangka. Yakni Tersangka FREDO Pattikawa mendapat jatah Rp 22.500.000,00.- Tersangka KOSMAS Damianus Suban mendapat Rp 15.500.000,00.- Dan Tersangka SUDIRMAN Bin Moh Ali mendapat jatah Rp 15.500.000,00.-

Bobby sembari menunjukkan press release terkait identitas pelaku masing-masing,  FERDO Pattikawa alias Edo (51), dengan alamat kelahiran  AMBON, 01 Oktober 1968; Berikut SUDIRMAN Bin Moh. Ali alias Aden (31 Tahun), dengan alamat lahir di Kupang, 19 Agustus 1987. Dan KOSMAS Damianus Suban alias SUBAN (31 Tahun) dengan alamt lahir di Kupang, 08 Januari 1987.

Barang bukti yang berhasil diamankan adalah, 1 unit mobil Kijang (kondisi ban belakang sebelah kiri kempes dengan paku masih tertancap); Uang tunai sebesar Rp 12 juta; 1 unit sepeda motor (SPM) Yamaha Vixion; 1 unit SPM NMax; 1 keping ATM BRI; 1 init HP Oppo; 1 buah dompet warna hitam; 3 buah jaket; 1 lembar setoran tunai ATM BRI; 4 buah besi menyerupai paku; 1 unit HP Samsung; 1 unit HP Samsung lipat; dan 1 unit HP Nokia.

Upaya kerjasama, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas dari Tim Buser Kepolisian Resor Kupang Kota ini patut diacungi jempol. Betapa tidak. Berkat kepiawaian tim kepolisian ini menjadikan ruang gerak pelaku kejahatan terus dipersempit. +++ marthen/citra-news.com

Gambar : Kasat Reskrim Polres Kupang Kota Iptu BOBBY J. Mooynafi, SH, MH

Foto : Doc. CNC/dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *