Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

MINIM Kolaborasi Program SOLIWOA ‘Mengadu’ ke JULIE Laiskodat

CitraNews

Dari ketimpangan-ketimpangan yang ada, harap Grace, di era Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat ini sejumlah program proyek masa lalu tidak berulang tahun lagi. Jangan lagi ada perilaku kotor dari oknum-oknum pemerintah masa lalu terus berkelanjutan. Iya, karena program berkelanjutan namun perilaku oknum pejabat tidak dirubah maka spirit NTT Bangkit Menuju Sejahtera ibarat jauh panggang dari api, ungkap Grace.

NTT Nomor Wahid Gizi Buruk

Sehubungan dengan program Gemarikan pada Selasa 30 April 2019, Ny. JULIE Sutrisno Laiskodat selaku Ketua Forum Koordinasi Peningkatan Konsumsi Ikan Provinsi Nusa Tenggara Timur (FORIKAN NTT) turun berkampanye tentang program Gemarikan kepada pelajar se-Kecamatan SoA. Kegiatan tersebut bertempat di SD Inpres Mengerunda di SoA Kabupaten Ngada-Flores NTT.

Baca Juga :  REFAFI dan CHRIS Tidak Bergeming Isu Pilkada

Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT dalam siaran pers menulis, Bupati Ngada PAULUS Soliwoa dalam sambutannya mengakui potensi ikan di Kabupaten Ngada sangat luar biasa. Karena Ngada memiliki laut yang luas baik dibagian Barat maupun bagian Selatan wilayah itu. Namun kenyataannya ikan yang dimakan masyarakat Ngada berasal dari luar. Ini memang sesuatu yang sangat menyedihkan, ungkap Soliwoa. Sebab potensi perikanan tangkap kita sangat luar biasa.

Baca Juga :  OMK Tanam Tomat BANK NTT Kasih KREDIT Mikro Merdeka

Dikatakan Soliwoa, Gemar Makan Ikan tidak hanya program saja. Tetapi harus diimplementasikan. Karena itu perlu ada kolaborasi program antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten. Minimnya kolaborasi program antar pemerintah ini menjadi penyebab masyarakat tidak mengenal program pembangunan yang terjadi di wilayahnya. Dengan semakin diperkenalkan melalui kampanye semakin memasyarakatkan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Bupati Soliwoa di hadapan isteri Gubernur NTT Viktor Buntilu Laiskodat itu mengatakan, dalam mengimplmentasikan program Gemarikan  pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk secara rutin mengkampanyekan Gemarikan. Untuk siswa dan pelajar di sekolah dilakukan melalui komite sekolah, agar mengajak semua orangtua untuk menggerakan anaknya makan ikan. Ini penting dalam kerangka upaya mengatasi gizi buruk di Ngada yang masih cukup tinggi. Meskipun setiap tahunnya menurun.

Baca Juga :  KELOR Jadi Tanaman ALEKROPING Lahan Kering

Untuk memasyarakatkan Gemarikan, tambah Soliwoa, pemerintah daerah akan mendorong sekolah-sekolah membangun kolam ikan. Dan pemerintah akan mengalokasikan dana APBD II untuk kebutuhuan sarana prasarana dimaksud.

Sementara Ketua FORIKAN NTT Ny. Julie S. Laiskodat mengatakan, kampanye program Gemarikan ini merupakan upaya FORIKAN NTT untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak NTT.