JULIE Laiskodat SODORKAN Niatnya Membantu SMK 5 Kupang

Pose bersama Ny. Julie Laiskodat, Kasek SMKN 5 Kupang, SAFIRAH C. Abineno, Pace Pallo, dan Duo Putri Indonesia di SMKN 5 Kupang, Jumat 13 September 2019. Doc. Foto CNC/marthen radja.

Out put lembaga pendidikan yang paling berpeluang mendapatkan akses pekerjaan cepat adalah sekolah kejuruan. Perkembangan dunia industry saat ini mengedepankan skill, dan output sekolah kejuruanlah yang empunya kompetensi keahlian itu.

Citra-News.Com, KUPANG – UNTUK PERTAMA kalinya dalam sejarah SMKN 5 Kupang, mendapat kunjungan dari isteri Gubernur NTT.  Adalah Ny. JULIE Sutrisno Laiskodat, isteri Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat pada Jumat, 13 September 2019 melakukan kunjungan kerja ke SMKN 5 Kupang.

Penyerahan secara simbolis Kunci sepeda motor oleh Pace Pallo ke KLasek Safirah (kiri) dan Ny. Julie Laiskodat dan kasek Safirah pose bersama Duo Puti Indonesia. Doc. Foto CNC/marthen radja.

Sekolah kejuruan tersebut sebelum maupun setelah beralih kewenangan penanganan lembaga pendidikan SMA/SMK ke Pemerintah Provinsi. Atau sejak berdirinya tahun 2002 dan kepala sekolah (Kasek) yang sudah berganti sduah dari sekian orang. Tapi di tahun 2019 dan di tangan

Kasek Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno barulah SMKN 5 Kupang mendapat tempat terhormat di mata pemerintah Provinsi NTT.

“Saya dan guru-guru, para tenaga administrasi serta para siswa SMKN 5 Kupang sangat berbangga. Karena hari ini kami mendapat kunjungan dari ibu (isteri, red) gubernur. Dengan segala keterbatasan yang kami miliki. Kami mau menunjukan bahwa inilah kami. Meski banyak kekurangan tapi kami masih punya harapan baru bahwa kami juga mendapat tempat di hati pemerintah provinsi,”ungkap Safira dalam sambutannya.

Pose bersama para guru SMKN 5 Kupang.Doc. Foto CNC/marthen radja.

Apresiasi yang serupa juga disampaikan Ny. Julie Laiskodat. Ibarat untaian bait-bait dalam syair, Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi NTT inipun spontan meresponsnya.

“Hari ini saya bersama Putri Pariwisata  dan Miss Grand Indonesia mendapat sambutan yang luar biasa dari SMKN 5 Kupang. Terima kasih kepada kepala sekolah ini dan semua guru juga siswa yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik. Apapun yang diminta kepala sekolah untuk memajukan sekolah ini ke depannnya, kami pasti membantunya. Tapi jangan cuma minta kain doang. Masa minta ke isteri gubernur yang kecil-kecil kaya gitu. Bikin proposal kebutuhan minta ke Gubernur melalui saya. Apalagi hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan demi peningkatan SDM di lembaga ini,”kata Ny. Julie Laiskodat dalam sambutannya di halaman SMKN 5, Jalan Nanga Jamal Naikoten 1 Kota Kupang, Jumat 13 September 2019.

Foto : Ny. Julie Laiskodat (kanan) dan Domi Wadu serta Wakasek Kurikulum di Ruang Komli Bangunan. Doc. Foto CNC/marthen radja

Pada prinsipnya pemerintah sangat memperhatikan sekolah-sekolah kejuruan. Itu tidak berarti SMA umum tidak diperhatikan. Karena dari lembaga kejuruan inilah yang  menghasilkan lulusan (out put) siswa yang memiliki skill yang mumpuni di dunia industry. Lulusan SMK punya peluang dan prospek kerja yang terbuka luas. Sehingga pemerintah tidak tanggung-tanggung memberikan bantuan terhadap apa yang dibutuhkan sekolah-sekolah kejuruan.

Faktanya, hari ini industry otomotif dari PT Hasjrat Abadi Kupang melakukan teken kontrak kerjasama dengan jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda motor di sekolah ini (SMKN 5 Kupang, red). Itu artinya siswa dari sekolah kejuruan sangat dibutuhkan dalam dunia industry saat ini.

Pantauan awak Citra-News.Com di acara akbar penyerahan bantuan 4 unit sepeda motoro Yamaha untuk SMKN 5 Kupang ini, Ny. Julie Laiskodat datang  tidak sendiri. Selain didampingi ‘ dua dara ayu’ asal NTT masing-masing asal Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU) yang kini menyabet Putri Pariwisata Indonesia serta Kabupaten Raijua. Tidak kecuali para pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) tingkat Provinsi NTT. Diantaranya, Kepala Inspektorat, Kepala Badan Kepagawaian daerah (BKD), dan Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas P dan K.

Ny. Julie Laiskodat di ruang Komli Teknik Pengelasan. Doc. Foto CNC/marthen radja

Menjadi acara utama adalah penyerahan sertifikasi keahlian merakit sepeda motor kepada 20 siswa output SMKN 5 Kupang. Dan Penyerahan 4 (empat unit sepeda motor) secara gratis untuk kebutuhan operasional sekolah.

Bahkan menghebohkan adalah penyerahan kunci motor oleh DUO Miss (Putri) Indonesia asal NTT. Penyerahan secara simbolis dari Pimpinan PT Hasjrat Abadi Kupang, PACE Pallo ini diterima langsung oleh Kepala SMKN 5 Kupang,  Dra. Safirah Corelia Abineno dan disaksikan langsung oleh Ny Julie Laiskodat dan para petinggi OPD yang hadir.

Acara akbar ini dibumbui dengan dialog antara siswa SMKN 5 Kupang dengan Putri Pariwisata dan Miss Grand Indonesia, dalam dua bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Seputar pengalaman dan resep normative hingga terpilih menjadi PUTRI.

Usai makan siang Ny. Julie berkesempatan mengunjungi ruang praktek (laboratoium) semua jurusan, termasuk Ruang Perpustakaan yang ada di sekolah tersebut. “Nanti bagaimana trik dan kiat-kiat mendapatkan standard dan pemasaran produk yang dihasilkan dari SMKN 5 Kupang, kita bicarakan di gedung PKK NTT,”pesan Ny Julie Laiskodat. +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *