Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

WAEKELAMBU Pusat EKSPOR Ikan KERAPU Hidup

CitraNews

Ganef menjelaskan untuk  tujuan bio massa diantaranya mendukung pariwisata dan sebagai penyedia (stok) pasokan kebutuhan konsumsi di destinasi wisata Labuan Bajo dan Riung 17 pulau. Sedangkan untuk kebutuhan ekspor pascapanen  sudah ada beberapa negara yang teken kontrak ekspor ikan kerapu hidup.

“Dipastikan mulai tahun 2020 di Labuan Kelambu atau Waekelambu Flores NTT menjadi pusat ekspor ikan hidup. Untuk ekspor ikan kerap hidup ini kita sudah melakukan MoU dengan Hongkong dan Singapura. Sedangkan dalam negeri yakni Bali. Saat itu kita sudah mampu menyiapkan sekitar 500 ton ikan kerapu hidup untuk dieskpor,”jelas Ganef.

Dikatakannya, saat ini permintaan pasar global cenderung bergeser ke ikan hidup. Jadi bukan kita ekspor ikan yang sudah dibekukan. Dari sisi bisnis harga ikan kerapu hidup lebih mahal. Dan lebih memudahkan karena setelah penangkapan, kemudian ditimbang dan ditaruh di keramba  lalu diangkut keluar.

Baca Juga :  Dipastikan JOKOWI Lakukan Ground Breaking Jembatan Palmerah
Baca Juga :  Penanganan JALAN Pasca BENCANA Tidak Mengenal STATUS Jalan

Menjawab ada kemungkinan ekspor ikan kerapu hidup akan dibudidayakan lagi secara besaran-besaran dan mengklaim sebagai kekayaan miliknya. Ganef menyatakan, tidak akan sama kualitasnya kalau ikan kerapu dari NTT itu dibudidayakan di wiayah lain. Karena kondisi geografisnya sudah berbeda.

“Saya yakin mau dibudidayakan dengan cara apapun hasilnya tidak sama dengan ikan kerapu yang sudah dari sono­-nya hidup di alamnya NTT. Tuhan sudah menciptakan alam dengan keunikan-keunikan tertentu,”ungkapnya.

Baca Juga :  PT GULF MANGAN GRUP Beri Bukti Bukan JANJI

Prospektif dan Menjanjikan

Diakui Ganef, saat ini sedang dilakukan proses tender pengembangan ikan kerapu di Waekelambu.  Dengan kondisi mulut teluk yang sedikit sempit (kecil) sehingga lebih mempermudah pembuatan rumah-rumah ikan.

Dengan kata lain pengembangan sea ranch dengan metode bio massa. Artinya dibangun rumah-rumah ikan. Di rumah ikan itu kita taburkan benih ikan kerapu dan setelah berkembang jadi banyak kemudian dipanen.