Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

ARBORETUM Prasarana EDUKASI Mencintai Lingkngan Hidup

Mengaplikasi program pemerintah ‘NTT Bangkit Menuju Sejahtera’, pada tahun 2020 Dinas LHK Provinsi NTT membangun Arboretum sebagai catchmen area pengembangan tanaman-tanaman endemic. Adanya Arboretum, kata Ferdy, sekaligus juga mengeduksi masyarakat untuk juga bangkit dan terus melakukan rehabilitas hutan dan lahan (RHL) dengan menanam berbagai jenis pepohonan.

Arboretum yang segera dibangun tahun 2020 tersebar di beberapa kabupaten. Yakni Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Alor, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Sumba Barat, dan Kota Kupang. Ditargetkan selama 5 tahun berbagai jenis pepohonan yang ditanami itu sudah bisa produksi air tanah.

“Kalau di Hutan Nostalgia Alor yang menanam pepohonan umumnya dari kalangan pejabat yang berkunjung kesana. Tapi di Arboretum nantinya kami koordinasikan dengan dinas pendidikan agar yang menanam pepohonan adalah anak-anak usia sekolah. Di setiap pohon tulis dengan nama anak sehingga suatu saat ketika datang ke tempat itu lagi dia punya kenangan. Upaya taktis ini kami lakukan agar anak-anak generasi bangsa, mencintai alam dan lingkungan hidup sekitarya,”jelas Ferdy.

Baca Juga :  Bupati ROBBY Gelar TINJU Profesional WBC di Maumere
Baca Juga :  Bank NTT, Pelopor Penggerak Ekonomi Masyarakat NTT

Manfaat Perhutanan Sosial Untuk Ekowisata

Baca Juga :  PARIWISATA dan KELOR Juga Tekad Program Bupati ROBY

Adapun Rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) untuk fungsi social adalah menjadi destinasi pariwisata. Terbangunnya Arboretum menjadi bagian dari perhutanan social yang kaya fungsi. Diantaranya sebagai taman rekreasi  atau lokasi wisata alam dan pusat studi tentang alam dan lingkungan hidup.