Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Dawai HUT NTT ke-61 MENGGETAR Kalbu (Bagian-3 habis)

CitraNews

Dawai HUT NTT ke-61 memang sungguh-sungguh membekas mendera kalbu. Apalagi dipertegas dengan pidato Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi pada 20 Desember 2019. Bahwa di era ekonomi global saat ini dimana kompetisi pasar dunia sangat ketat menunut kita untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki nilai tambah yang tinggi. Saat ini ekonomi dunia sedang mengalami perlambatan akibat perang dagang berkepanjangan antara raksasa ekonomi Amerika Serikat dengan Cina, yang berdampak pada resesi ekonomi di beberapa negara termasuk Indonesia.

“Fenomena ini harus segera diantisipasi dengan melakukan transformasi ekonomi agar NTT siap menghadapi kemungkinan guncangan resesi ekonomi dunia. Transformasi ekonomi ini diharapkan dapat menggeser struktur ekonomi yang semula berbasis komoditas menjadi ekonmi berbasis industri. Yang memiliki nilai tambah tinggi,”tegas Wagub Josef.

Pelaksanaan trnasformasi ekonomi di daerah ini (NTT, red), lanjut putra asal Ngada ini,  dilakukan dengan beberapa upaya. Diantaranya, pertama, Percepatan pembangunan infrastruktur terutama infrastruktur dasar seperti jalan dan jemabatan, pengairan, listrik dan energy terbaru untuk meningkatkan ekonomi di daerah-daerah produksi.

Baca Juga :  Rapimwil Itu Tuntutan Tapi Perlu Kesiapan Dana

 Lagi-lagi, dawai HUT NTT ke 61 pun mengumandangkan litania peradaban soal Pinjaman daerah. Bahwa dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur jalan agar dapat tuntas tahun 2021, Pemerintah Provinsi NTT menambah skema pinjaman daerah ke PT Bank NTT sebanyak Rp 900 miliar. Terima kasih atas dukungan DPRD Provinsi NTT dan saat ini usulan pinjaman daerah sementara brproses di Kementerian keuangan RI, ucap Wagub Josef.

Kedua, memperkuat kebijakan ekonomi melalui pengembangan ekonomi rakyat yang berbasis sumber daya lokal dengan UMKM dan BUMDES, sebagai ujung tombak yang didukung oleh lembaga perbankan, koperasi, dan BUMD. Ketiga, mendorong industripenghasil devisa antaralain industrinon migas yang berorientasi ekspor, pariwisata, serta sector jasa lainnya termasuk sector ekonomi kreatif. “Hari ini kita akan meluncurkan SOPHIA sebagai minuman khas NTT. Saya ulangi lagi hari ini (Sabtu, 20 Desember 2019, red) kita akan meluncurkan Sophia sebagai minuman khas NTT yang memiliki branding dunia,”tegas Wagub Josef.

Baca Juga :  PEREMPUAN Harus BANGKIT Menantang Jaman

Keempat, Pemerintah akan mendorong investasi yang sehat di NTT dengan memberikan kemudahan dalam perijinan, menciptakan iklim investasi yang ramah dan mendukung kelancaran berinvestasi. Sehingga dapat memberikan multiplayer effect kepada daerah khususnya masyarakat NTT.

Kelima, kita akan melakukan transformasi birokrasi dengan memangkas struktur birokrasi agar menjadi ramping, sebagaimana arahan Presiden JOKOWI agar tercipta postur birokrasi yang efisien, inovatif, dan professional.

Penulis sengaja mencatat sebagai catatan permenungan dibawah judul, Dawai HUT NTT Menggetar Kalbu ini sebagai bentuk kecintaannya terhadap NTT-Negeri asal Tanah Tumpah darah– Sebagai putra daerah aku hanya sanggup menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam mendorong pembangunan NTT melalui tuangan pena jurnalistik. Tugas-tugas kejurnalistikan ini didendangkan dalam kalimat berlanggam Terima Kasih oleh Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi dalam Pidatonya di HUT NTT ke-61.

Baca Juga :  FANTASTIS Sudah 7,1 Miliar HASIL KREDIT Kendaraan Bermotor TANPA DP Bank NTT

“…Terima kasih Rekan-rekan wartawan baik media cetak, media elektronik, dan media Online yang senantiasa mengawal dan mengkritisi perjalanan pembangunan di derah Nusa Tenggara Timur ini. Akhirnya kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berbuat baik bagi daerah ini,”ungkap Wagub Josef sembari berucap, Selamat Ulang Tahun ke-61 Provinsi Nusa Tenggara Timur.  +++ citra news community

Sumber      : Valerius Guru/Biro Humas & Protokol Setda Provinsi NTT

*) Penulis  : Marthin Radja/Pimpinan Redaksi CITRA NEWS.