Antusiasme Warga NEKAMESE Songsong HUT RI ke-75

Pose bersama usai pantau kesiapan Hari Jadi SMPN 6 Nekamese ke-9 sekaligus menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke-75, di Desa Oelomi kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang,Timor-NTT. Doc. marthen radja/citra-news.com

Meski HUT Kemerdekaan RI ke-75 bertepatan dengan masa new normal pandemic Covid-19, namun warga masyarakat tetap antusias menyambutnya dengan penuh sukacita. Faktanya?

Citra-News.Com, KUPANG – CAMAT NEKAMESE Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, M. DETHAN menyatakan kekagumanan atas kepedualian warganya dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75 tanggal 17 Agustus 2020. Pasalnya, di era new normal COVID-19 warga masyarakat harus tunduk pada aturan protocol Covid. Sementara di sisi lain sudah menjadi kebiasaan warga desa manakala ada hari raya nasional.

“Apalagi HUT Kemerdekaan RI, nyaris warga tak peduli dengan aturan protocol Covid. Karena kebiasaan gotong royong warga desa yang sudah lama tertanam, terutama kesiapan Hari Jadi Kemerdekaan RI. Momentum seperti ini warga negara mau menunjukkan rasa cintanya terhadap tanah air,”demikian Dethan saat ditemui di SMPN 6 Nekamese Desa Oelomi, Kamis 14 Agustus 2020.

Saya kagum dan bangga dengan kepedulian warga masyarakat di Kecamatan Nekamese, tegas Dethan berulang. Sejak tanggal 1 Agustus warga sudah pasang umbul-umbul dan memasang bendera Merah Putih. Suasana perayaan HUT kemerdekaan RI di pelosok desa lebih terasa hikmadnya tinimbang di Kota. Warga desa tanpa harus dikomando oleh RT atau kepala desa, mereka membersihkan lingkungan masing-masing dan memasang umbul-umbul,”kata Dethan.

Tampak Kiri: Kades Yabes, Camat Dethan, Serma Patray dan pose bersama Kasek Yanti (ke-3 dari kiri) di halaman SMPN 6 Nekamese Desa Oelomi kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang,Timor-NTT. Doc. marthen radja/citra-news.com

Menurut Dethan, semangat patriotisme atau rasa cinta terhadap tanah air bagi warga desa jauh lebih terukur. Faktanya, ketika turun melakukan patroli ke desa-desa bersama tim Gugus Tugas Covid-19, kita temukan warga membersihkan lingkungannya masing-masing.  Di jalan-jalan protocol terpasang umbul-umbul merah putih.

“Hari ini saya bersama Babinsa dan beberapa kepala desa ke SMPN 6 Nekamese, mau melihat dari dekat kesiapan sekolah menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75. Iya baik sekali persiapannya, apalagi bertepatan dengan HUT Sekolah ke-9 tanggal 15 Agustus 2020. Tapi di sisi lain sekolah sebagai lembaga pendidikan sudah tentu menjadi contoh bagi masyarakat akan nilai-nilai patriotism dan rasa kebangsaan,”jelas Dethan.

Sembari menambahkan, selaku kepala wilayah dirinya harus memastikan kesiapan sekolah (SMPN 6 Nekamese, red) jelang HUT Kemerdekaan RI ke-75. Karena bertepatan dengan HUT ke-9 sekolah ini, yang menurut kami nuasanya sedkikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada ulang tahun sekolah kali ini, kata Dethan, Gubernur NTT VIKTOR Bungtilu Laiskodat berencana mengunjungi Kecamatan Nekamese. Dan mengambil lokasi atau titik temunya di SMPN 6 Nekamese.

Koordinasi Pospol dan Babinsa Setempat

Pada kesempatan yang sama, Sersan Mayor (Serma) PATRAY selaku Babinsa Kecamatan Nekamese mengatakan, Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam menjalankan patroli ke tengah masyarakat desa, kita saling koordinasi.

“Memang tidak mudah menyadarkan masyarakat desa apalagi akan aturan-aturan yang ditetapkan sesuai protocol Covid. Setiap hari kami harus turun ke masing-masing RT. Kita harus mampu memastikan ‘wajib masker dan social distancing (jaga jarak) atau tidak dalam kerumunan. Termasuk memantau warga yang melakukan hajatan pesta entah orang mati atau pesta sukaria lainya,”beber Serma Patray.

Kalau pak Camat ini (Dethan, red), sambung dia, kerjasamanya bagus sekali. Beliau selalu bersama kita bersama kepolisian setempat melakukan patrol ke tengah warga desa. Kita turun dari satu desa ke desa lainnya didampingi kepala desa dan aparat desa setempat. Karena mereka tahu titik-titik mana yang rawan keramaian. Disana kita berikan arahan-arahan sebagai bentuk penyadaran, tandasnya.

Sementara Kepala Desa Oben, YABES Abjena menambahkan, warga Desa Oben khususnya dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75 telah mempersiapkan lingkungannya masing-masing. Bahkan semenjak ada aturan Covid bahwa lingkungan harus bersih, aman, dan nyaman sudah diterapkan di Desa Oben.

“Khususnya pada tangal 17 Agustus 2020 warga se-Kecamatan Nekamese melaksanakan upara apel bendera di halaman SMAN 2 Desa Toiletan. Memang peserta upacaranya dibatasi karena aturan Covid. Ini sesuai arahan pak Camat bahwa apel bersama di Hari Kemerdekaan RI tahun ini tempat upacaranya di Desa Toiletan,”kata Yabes. +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *