Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

TJPS, Instrumen Cerdas Menggandakan Usaha Ekonomi Petani

CitraNews

LUCKY F. Koli, saat diwawancarai di Kantor Distanbun Provinsi NTT, di bilangan Jalan. Polisi Militer Kupang-Timor, Senin 21 September 2020. Doc. marthen radja/citra-news.com

Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) adalah program pertanian yang terintegrasi. Dengan model pertanian yang sudah lazim dirubah menjadi tidak lazim. Dan bahkan dari hal yang tidak lazim ini akan bisa melipatgandakan hasil. Caranya? Berikut, penjelasan LUCKY F. Koli…

Citra-News.Com, KUPANG –SAAT INI Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) sedang menggalakan instrumen program pertanian bernama, Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS).

Baca Juga :  FANTASTIS, Tunjangan Kesejahteraan DPRD Sikka

Demikian Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), LUCKY F. Koli, saat diwawancarai awak citra-news.com di Kupang, Senin 21 September 2020.

Menurut dia, Program TJPS saat ini sedang digalakkan di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi NTT. Untuk tahap awal ini kita prioritaskan untuk wilayah Sumba dan Timor, yang menjadi penyumbang terbesar kemiskinan di NTT.

Baca Juga :  Pemulihan HUNIAN Bukti Soliditas GMIT Maranatha Dengan PEMKOT Kupang

“TJPS ini instrumen pertanian cerdas karena akan mampu meningkatkan usaha ekonomi para petani di musim kemarau. Kan petani kita punya kebiasaan (lazimnya, red) menanam jagung pada awal musim hujan. Tapi program TJPS ini dimana area-area pilihan atau yang menjadi lokasi sasaran program TJPS, para petani akan tanam jagung di awal musim kemarau,”tegas Lucky.

Baca Juga :  Gerbong PENILAIAN Mulai Bergerak Tim JURI Merapat ke DESA BINAAN Bank NTT

Diketahui, jelas Lucky, wilayah NTT pada pada run off (ketinggian) lebih dari 1000 mter diatas permukaan laut. Maka praktis pada musim penghujan air hujan akan lebih banyak terbuang percuma ke laut. Untuk itu pemerintah punya strategi jitu agar air hujan ini bisa tertahan dengan membangun jebakan-jebakan atau empangan-empangan.