Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

Gelar Even SENI Panggung, Wujud PENGHARGAAN Karya Leluhur

CitraNews

Sofian : Penyelenggaraan berbagai even kesenian daerah adalah bentuk pelestarian sekaligus penghargaan akan karya-karya para pendahulu. Meskipun harus dikreasikan dengan kondisi kekinian namun tidak mengabaikan pakem budaya warisan leluhur.

Citra-News.Com, KUPANG – KEPALA UNIT Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. SOFIAN Kurniawan mengatakan seni budaya daerah perlu dikembangkan dan dilestarian. Salah satu wujud pelestariannya adalah dengan menggelar berbagai even seni pentas.

“Meski dalam keterbatasan sumber pembiayaan namun menjadi tugas utama UPTD Taman Budaya adalah pengembangan dan pelestarian budaya daerah. Namanya saja ‘taman budaya’ . Itu artinya beragam seni budaya daerah ada disini.  Bahwa karya-karya seni yang berkembang saat ini adalah kekayaan tak benda dari para leluhur orang NTT yang wajib kita kembangkan dan kita melestarikan. Meskipun sarat dengan kreasi baru tapi tidak meninggalkan pakem (keasliannya). Apapun alasannya sebagai wujud penghargaan akan karya para leluhur kita,”demikian Sofian.

Baca Juga :  SEKOLAH Swasta Didikriminasi? Benyamin: TIDAK Demikian Halnya
Baca Juga :  Web SSCN BKN Permudah Pelamar Pilih Formasi

Kepada awak citra-news.com di Kupang, Kamis 15 Oktober 2020, Sofian mengatakan upaya pelestarian budaya daerah bukan hal yang gampang. Ia membutuhkan kepedulian serta inovasi dan kreativitas dari para pengelolanya. Disamping ketersediaan dana guna membiayai kebutuhan para pelaku seni.

Baca Juga :  MINIM Perhatian Pemerintah Terhadap Masyarakat Olahraga

Menurut dia, di masa kepemimpinannya dana alokasi umum (DAU) sudah habis dialihkan untuk Covid-19. Dan konon dana tersebut sudah dipakai di tahap satu dan dua. Atau sebesar Rp 890 juta sudah terpakai dari Rp 1,750 miliar.  Sayangnya bukti laporan pertanggungjawabannya tidak ada dari pejabat sebelumnya. Tidak ada juga berita acara penyerahan agenda dari Didang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.