IHT Menghantar OPTIMISME Menggapai PRESTASI

Kadis P dan K Provinsi NTT, LINUS Lusi, S.Pd.M.Pd pose bersama Kepala SMKN 5 Kupang, Dra.SAFIRAH C. Abineno di depan gedung COE milik SMKN 5 Kupang di bilangan Jl. Nanga Jamal Kota Kupang.NTT, Doc. marthen radja/citra-news.com

Safirah : Giat In House Training di SMKN 5 Kupang merupakan implementasi dari program sekolah penggerak dalam menggapai prestasi menjadikan sekolah sebagai pusat keunggulan (Central Of Excellent). Kesuksesan implementasi program sangat bergantung pada kesiapan seluruh komunitas sekolah.

Citra-News.Com, KUPANG – TIDAK SEMUA lembaga pendidikan (sekolah) menengah kejuruan negeri di seluruh Indonesia masuk nominasi Sekolah Pusat Keunggulan (Central Of Exellent).

Tidak terkecuali SMKN 5 Kupsng di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk menuju ke sekolah pusat unggulan ada kriteria penilaian tersendiri oleh kementerian pendidikan.

“Kami SMK Negeri 5 Kupang masuk nominasi sekolah pusat unggulan atau central of excellent. Kami menyampaikan terima kasih kepada bapak Gubernur Viktor karena melalui bantuan bapak Kadis sekolah kami satu dari sekian SMKN di Kota Kupang masuk nominasi COE,” demikian Kepala SMKN 5 Kupang, Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno kepada awak portal berita citra-news.com di Kupang, Kamis 29 Juli 2021.

Menurut Safirah, kegiatan in house training (IHT) yang digelar di SMKN 5 Kupang sejak 28 Juli hibgga 07 Agustus 2021 merupakan implementasi dari Program Sekolah Penggerak untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dengan beberapa intervensi untuk mengakselarasi sekolah bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran.

Kegiatan IHT ini melejitkan thema, “Merdeka Belajar SMK Pusat Keunggulan Sekolah Penggerak di SMK Negeri 5 Kupang’.

Dikatakan Safirah, giat IHT ini merupakan lanjutan dari serangkaian kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh sekolah-sekolah yang tergabung dalam komunitas sekolah penggerak. Menuju prestasi COE ini sudah pasti kesiapan SDM gutu yang handal.

Sebagaimna kita ketahui bahwa sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mencakupi kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta non kognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul, dalam hal ini kepala sekolah dan guru-gurunya, jelas Safirah.

Sesungguhnya lahirnya sekolah penggerak, lanjut dia, berawal dari ditetapkannya SMK Negeri 5 Kupang sebagai sekolah pusat keunggulan (Centra of Excellent).

“Saya (Safirah, red) tidak hafal persisnya tanggal berapa tahun awal tahun 2021. Pusat keunggulan dimaksud adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Ini diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan DUDI (dunia usaha  dan dunia indutri), serta menjadi SMK rujukan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya dengan insentif bantuan fisik dan non fisik,”tandasnya.

Komli THESA

Menjawab program keahlian menuju CEO yang dimiliki SMKN 5 Kupang, sebut Safirah, yakni Kompetensi Keahlian (Komli) Tenaga Surya Hidro dan Angin (TESHA). Menurut mantan Wakasek Humas/Dudi SMKN 5 Kota Kupang ini, teman-teman guru yang hadir dalam giat IHT ini adalah orang-orang pilihan dan diyakini mampu menjadi agen perubahan (the agent of changes). Nah, kesuksesan implementasi program sangat bergantung pada kesiapan seluruh komunitas sekolah.

Suasana keakraban pun terjalin antara Kadis Linus dengan guru peserta IHT, Kamis 28 Juli 2021. Doc. marthen radja/citra-news.com

Pelaksanaan IHT di SMKN 5 Kupang, sambung dia, dimulai dari tanggal 28 Juli sampai dengan tangal 07 Agustus 2021. Ada 13 guru yang ikut IHT tersebut. Namun ada 2  (dua) guru yang uring-uringan setelah hari ini juga hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K)  Provinsi NTT, LINUS Lusi, S.Pd.M.Pd.

“Begini pak Kadis sekolah kami ini masih butuh pembenahan-pembenahan internal. Terutama ada beberapa guru yang seenak perutnya melaksanakan tugas-tugas yang menjadi kewenangannya. Tapi sebagai kepala sekolah saya harus sanggup berupaya maksimal memurnikan perilaku serupa itu. Pak Kadis sebagai atasan saya wajib mengutarakan hal ini sebagai masukan saja buat pak Kadis,”tutur Safirah.

Terpantau awak portal berita citra-news.com di SMKN 5 Kupang, Kamis 29 Juli 2021, kegiatan IHT berlangsung sesuai agenda. Hadir pada kesempatan ini Kadis P dan Provinsi NTT, Linus Lusi.

Dikatakan Safirah,meski dalam suasana pandemi Covid-19 dan cenderung semakin akhir-akhir ini menempati angka korban yang memprihatinkan, namun kita harus tetap bangkit dan tidak menyerah.

Ada kurang lebih 13 orang dari masing-masing mata pelajaran sudah mengikuti serangkaian kegiatan diklat pelatih ahli dan tutor sekolah penggerak selama 10 hari beberapa waktu lalu. Sebagai tindak lanjut sekolah wajib melaksanakan IHT untuk mensosialiasikan implementasi kurikulum pusat keunggulan dalam komunitas penggerak sekolah, tandasnya.

Atasnama keluarga besar SMKN 5 Kupang, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang proaktif dan selalu mendukung SMK Negeri 5 Kupang dalam mengimpelementasikan seluruh program yang sudah dirancang terutama yang berkaitan dengan program sekolah pusat keunggulan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing mendukung upaya pengembangan sekolah.

“Saya kutip kata-kata bahasa Inggris seorang pemerhati pendidikan yang terkenal mengatakan demikian.Optimism is the faith that leads to achievement. Nothing can be done without hope and confidence. Bahwa optimisme adalah keyakinan yang mengarah pada prestasi. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan kepercayaan dir,” ungkap Safirah. +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *