Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

PENTING Pemkot Kupang Sediakan Display INFO HARGA Pasar

CitraNews

Wali Kota Kupang, JEFRI Riwu Kore saat webinar di Kupang, Timor Provinsi NTT. Doc.citra-news.com/humaskotakpg

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja dalam presentasinya menyampaikan pada Juli 2021, Kota Kupang mengalami inflasi sebesar 0,14 persen (mtm), lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang mengalami deflasi sebesar 0,88 persen (mtm).

Baca Juga :  Bupati EPY Wajibkan ASN MENGHIJAUKAN Lahan Kosong

Inflasi terutama didorong oleh kenaikan harga ikan kembung akibat hasil tangkapan nelayan yang menurun, serta kenaikan harga daging babi di tengah wabah ASF yang masih berlanjut.

Di sisi lain, berbagai jenis komoditas hortikultura seperti tomat dan sawi putih terus melanjutkan penurunan harga pasca Badai Siklon Seroja.

Baca Juga :  HLM TPID-GNPIP di Maumere Gubernur VIKTOR Singgung DANA DESA Untuk PEM

Inflasi Kota Kupang Lebih Tinggi Nasional

Secara tahunan, inflasi Kota Kupang pada Juli 2021 tercatat sebesar 1,55 persen (yoy), sedikit lebih tinggi dibandingkan inflasi nasional sebesar 1,52 persen (yoy).

Dampak Siklon Seroja terhadap inflasi ternyata lebih rendah dibandingkan perkiraan semula. Namun bila dilihat lebih rinci per kelompok, inflasi kelompok makanan, minuman dan tembakau masih tercatat sangat tinggi sebesar 4,76 persen (yoy), sehingga perlu menjadi perhatian.

Baca Juga :  Bendungan Meransang Petani Mencetak Sawah Baru

Selain display harga, pada rapat tersebut BI juga mengajukan sejumlah rekomendasi untuk upaya pengendalian inflasi di Kota Kupang.