Wadah KKBM Harus Mampu MEMVIRUSKAN Semangat PERSATUAN dan KESATUAN

Wakil Gubernur NTT, JOSEF Adrianus Nae Soi (ke-4 dari kiri) pose bersama Pengurus KKBM, di Gedung Sasando Jl. El Tari Kota Kupang, Selasa 27 September 2022. Doc. citra-news.com/humas kkbm

Fidel : Dipastikan seremoni pelantikan badan pengurus Kerukunan Keluarga Besar Maumere di Kupang Tanah Timor NTT ‘Nusa Tiada Tara’ dibumbui pagelaran aneka budaya antaretnis.

Citra News.Com, KUPANG – PERSIAPAN demi persiapan telah dilalui dengan apik. Panitia persiapan Pelantikan Badan Pengurus KKBM-Kerukunan Keluarga Besar Maumere sudah punya agenda matang menuju puncak hari ‘H’, Jumat 30 September 2022.

“Beberapa agenda utama sudah kita lalui. Kita sudah audiens dengan bapak Wakil Gubernur NTT, Josef A.Nae Soi. Beliau berikan peneguhan-peneguhan yang sekiranya bisa bermanfaat bagi KKBM. Dimana KKBM yang sudah ada dan bergerak maju dari hari kemarin, hari ini, dan hari esok,” ungkap Fidel Nogor, Sekjen KKBM di Kupang, Selasa 27 September 2022.

Menurut Fidel, pertemuan bersahaja pengurus KKBM dengan sang Wagub NTT, Selasa 27 September 2022 sangat berkesan.

Sebagai sesepuh/tokoh Flores Wagub Josef merasa sangat terhormat bahwa ada wadah yang mengayomi, melayani, dan peduli untuk semua orang tanpa mengenal sekat perbedaan apapun.

Wagub Josef mengingatkan sekaligus berharap agar dalam wadah KKBM ada spirit pemersatuan yang utuh nan kokoh. KKBM harus memviruskan semangat persatuan dan kesatuan. Baik untuk skala regional, daerah, maupun nasional.

Spirit persatuan dan kesatuan ini, lanjut Fidel, tidak sekadar pajangan belaka atau ucapan semata (lip service). Tapi juga ungkap Wagub Josef, harus menjadi 100 persen KKBM, 100 persen Maumere Flores, 100 persen NTT, dan 100 persen Indonesia.

Dihadapan ketua demisioner KKBM Theo da Chuna dan Ketua Terpilih Agus Bajo juga dihadiri sesepuh/penasehat KKBM diantaranya, Barthol Badar, Nas Conterius, Maruli, dan beberapa lainnya, Wagub Josef berpesan untuk tetap menjaga marwah persatuan, kesatuan, dan toleransi dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Bahwa sebagai sesepuh/tokoh Flores Wagub Josef tidak menampik kalau dirinya pernah mengenyam pendidikan di Maumere. Sehingga KKBM merasa penting untuk beraudiens dengan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat yang diwakilkan oleh bapak Wagub Josef. Dalam pertemuan ini sekaligus KKBM mengundang Gubernur dan Wagub untuk hadir dalam acara pengukuhan dan pelantikan badan pengurus KKBM periode 2022-2025,” beber Fidel.

Menjawab butir acara pada hari ‘H’, pemilik media Fortuna ini mengatakan, seperti lazimnya sebuah acara akbar, selain seremoni pengukuhan dan pelantikan KKBM jyga mempertontonkan budaya antaretnis.

Misa Konselebrasi

Diketahui, di dalam wadah KKBM, kata Fidel, menampung sangat beragam budaya dan adat istiadat. Ada etnis Lio, etnis Sikka, etnis Krowe (muhang) dengan seni budaya yang beragam pula.

“Dari keberagaman ini kita padukan dalam satu wadah bernama KKBM. Itulah sebabnya kita buat sedikit meriah tapi dengan biaya murah. Dan perlu diingatkan bahwa KKBM tidak berniat, iya semacam show of power. Tapi kita sodorkan kebhinekaan yang meski kita berbeda-beda tapi tetap satu dan utuh,” tegasnya.

Fidel menyebut, ada juga peluncuran data base KKBM secara online. Juga ada pameran (Bazar) UMKM dengan aneka produk.

“Jadi semua orang Maumere yang ada di Timor dan sekitarnya boleh menggelar produk usaha yang dimilikinya di area Gedung El Tari Kupang. Ditaksir sekitar 2000-an orang bakal penuhi halaman gedung Sasando Kantor Gubernur dan Gedung El Tari,” promo Fidel.

Sembari menambahkan, acara sereminial pengukuhan dan pelantikan itu didahului Misa Konselebrasi. Yang dibawakan Uskup Maumere dan tujuh iman selebran.

Sedangkan untuk undangan yang diperkirakan akan hadir diantaranya, Bupati dan Wakil Bupati Sikka serta Forkompinda, Gubernur, Wagub dan Forkompinda NTT. Tak lupa juga dari kalangan TNI/Polri.

Saat audiens Wagub NTT didampingi Penjabat Wali Kota Kupang, GEORGE Hadjoh; Kepala Biro Adiministrasi Pimpinan Setda NTT, Pricilia Parera, Direktur Aquamor Frits Bria Seran, staf dari Biro Pemerintahan Setda NTT dan sejumlah pejabat lainnya. +++ marthen/citra-news.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.