Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

PEMERINTAH NTT Perjuangkan FRANS SEDA Jadi PAHLAWAN NASIONAL

CitraNews

Pada kesempatan itu Yos Rasi menyebut tiga nama yang sudah dinobatkan jadi Pahlawan Nasional.

“Kita di Provinsi NTT ini baru ada 3 (tiga) Pahlawan Nasional dengan spesifikasi bidangnya masing-masing. Yaitu Prof. W.Z. Johanes di bidang Kesehatan, HERMAN Johanes di bidang Nuklir, dan I H. Doko di bidang Pendidikan. Entahlah kepada bapak Fransiskus Xaverius Seda ini, tim pengkaji pusat tentukan pada bidang apa. Kalau sukses maka FRANS Seda jadi orang ke-4 Pahlawan Nasional dari NTT”, tuturnya berharap.

Proses untuk menuju gelar pahlawan, memang bukan perkara gampang. Berawal dari diskusi-diskusi formal. Seperti terselengganya seminar-seminar ilmiah secara berjenjang, dari tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

Baca Juga :  Biro di Undana JANGAN Dulu Merasa NYAMAN Terima SERTIFIKAT ISO

Seminar tingkat provinsi saat itu kita laksanakan di Kampus UNIKA Widya Mandira Kupang. Dan melibatkan semua elemen masyarakat. Baik dari akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda. Juga pihak Rektorat Unwira yang dipimpin Pater Philipus Tulle yang selalu proaktif mengambil bagian didalamnya.

“Persisnya pada tanggal 22 November 2022, Filipus Gobang bersama tim dari Kompas media kita rapat bersama Rektor Unwira di Aula Rektorat”, kata Yos.

Baca Juga :  TOMMY Soeharto ke NTT Penuhi Kebutuhan Rakyat

Menurut Putra kelahiran Lio Tanawawo Kabupaten Sikka itu, bahwa Rapat bersama pemantapan hari H pelaksanaan Seminar Nasional di tingkat provinsi tersebut dihadiri pihak Dinas Sosial NTT, Agus Bajo selaku Ketua KKBM Kupang dan mewakili Keluarga Frans Seda dari Komunitas Lio Maumere di Kupang (Kolimaku).

“Saat hari H pelaksanaan seminar nasional dibuka secara resmi oleh bapak Wakil Gubernur NTT, Josef Adrianus Nae Soi”, kata Yos.

Hasil dari seminar nasional sudah tentu oleh tim pengkaji menjadi salah satu bahan pertimbangan akan kepatutan dan kelayakan Frans Seda diusulkan jadi Pahlawan Nasional.

Baca Juga :  QRIS Bank NTT Membakar ANTUSIASME Pedagang PASAR Terbakar ALOR

“Kita doakan berkas usulan tim pengkaji pusat yang diserahkan ke Presiden pada Agustus mendatang, bapak Presiden Jokowi dapat merestuinya”, ungkap Yos.

Sembari berharap, mudah-mudahan proses ini berjalan baik. Jika tidak ada halangan maka Bapak FRANS Seda bisa dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional pada tanggal 10 November 2023, bertepatan dengan bangsa ini merayakan Hari Pahlawan.  +++ marthen/citra-news.com