Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

FRANS SEDA Satu Dari 12 Calon PAHLAWAN NASIONAL

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy
CitraNews

Dipandu Pater Hendrikus Meko, SVD, tampak Mahfud MD didampingi Wagub NTT, Josef Nae Soi dan Nona Ery Seda. Doc. citra-news.com/kunu seda

Namun sebelum ke Ende Mahfud MD menyinggahi Maumere Kabupaten Sikka untuk melihat dari dekat tanah kelahiran Frans Seda. Persisnya Mahfud MD bersilaturahmi ke kampung halaman masa kecilnya Frans Seda di Nualolo – Lekebai (sekarang ibukota Kecamatan Mego).

Mengutip sumber WAG “Kunu Seda” bahwa Mahfud MD didampangi Wakil Gubernur NTT, Josef Adrianus Nae Soi dan Ery Seda – Putri Sulung almarhum Frans Seda.

Baca Juga :  Daftar TIGA Program HANYA Rp 36.800 SEBULAN, Manfaatnya Berlipat GANDA

“Memang benar pak Mahfud MD bersilaturahmi ke kampung masa kecilnya almarhum Frans Seda. Beliau (Mahfud MD, red) diterima secara adat Lio Mego oleh para Mosalaki Riabewa”, kata Agus.

Menurutnya, sebagai bentuk penghargaan untuk tamu negara ini maka Mahfud MD dipakaikan kain adat lengkap berupa ragi, lesu, semba. Pengenaan kain adat ini diikuti dengan penuturan adat oleh Frans Ditu selaku Riabewa – Ria Resi Bewa Paso se’ela Mego. Dan disaksikan oleh para mosalaki.

Baca Juga :  OPTIMIS Raih Kursi PIMPINAN Dewan Tapi Ada MEKANISME

Mahfud MD jadi Mosalaki di tanah Lio Mego saat berkunjung ke Lekebai Maumere tanggal 31 Mei 2023. Doc. citra-news com/kunu seda

“Hal yang paling sakral saat pengenaan busana adat adalah diawali ritual ‘podi lesu pepa semba’. Yang dimaksud mengangkat Menko Polhukam Mahfud MD jadi Mosalaki. Dan penganugerahan ini diyakini atas restu para leluhur”, jelas Agus.

Baca Juga :  Warga SULIT Akses Air Bersih? BANK NTT Beri SOLUSI

Berkaitan dengan Frans Seda calon Pahlawan Nasional, Agus berharap, agar proses administrasi berjalan lancar dan sukses.

Bahwa kehadiran Menko Polhukam Mahfud MD di Nusa Flores Provinsi NTT, menjadi titik pengharapan sekaligus langkah awal melabuhkan Frans Seda ke gerbang Pahlawan Nasional, tandasnya. +++ marthen/citra-news.com

Sumber Foto : Kunu Seda

Sumber: Kepala Dinas Sosisl Prov. NTT
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Gelar Pahlawan Nasional, Drs. Frans Seda. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Gelar Pahlawan Nasional, Drs. Frans Seda.