Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

NTT Jadi PUSAT Pengembangan EBT, Bupati PAUL Limu Siapkan LAHAN 10 Ribu Hektar

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy
CitraNews

Bupati Sumba Tengah, Drs. PAULUS Limu saat peresmian gedung kantor Bank NTT Cabang Waibakul, Jumat 25 Agustus 2023. Doc. citra-news.com/biro APim setdantt

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat saat pidato radio menyebut pemerintah pusat menetapkan Sumba salah satu pulau di NTT jadi sasaran pusat pengembangan energi…..

Citra News.Com, WAIBAKUL – WALAU tinggal menghitung hari masa jabatannya harus berakhir, namun Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat menyempatkan diri untuk berkeliling ke sejumlah kabupaten di NTT. Ditengarai kunjungan kerjanya selaku gubernur  ke Pulau Sumba khususnya Kabupaten Sumba Tengah adalah terakhir kali.

Setelah melakukan kunjungan kerja ke
Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Gubernur Viktor terbang ke Waibakul, ibukota Kabupaten Sumba Tengah. Misi pamungkas Gubernur Viktor kali ini adalah meresmikan Kantor Bank NTT Cabang Waibakul yang pernah dia lakukan peletakan baru pertama pada tahun 2022 lalu.

Baca Juga :  Capaian KINERJA Menggunung Bank NTT Jadi PENYANGGA EKONOMI Daerah

Di acara ini Bupati Sumba Tengah, Paulus Limu dalam sambutannya berharap agar Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat kembali mendatangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Sumba Tengah.

Tujuannya agar Presiden Jokowi melaunching lahan seluas 10.000 Hektar (Ha) untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

Hal itu disampaikan Bupati Paul dalam sambutannya saat peresmian gedung kantor Bank NTT Cabang Waibakul, Jumat 25 Agustus 2023.

Baca Juga :  SENTILAN MIRING Gubernur VIKTOR Di Momentum PERESMIAN Kantor BANK NTT Cabang WAIBAKUL

Dia mengatakan Kabupaten Sumba Tengah adalah wilayah potensial untuk pengembangan pertanian holtikultura juga pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Terkait renewable energy project (proyek pengembangan energi baru terbarukan), dalam pidato radio Gubernur Viktor membeberkan hal itu.

Bahwa pemerintah pusat menjadikan NTT provinsi sasaran pengembangan renewable of energy. Pulau Timor dan Sumba terutama di Sumba Timur akan jadi pusat PLTS – pembangkit listrik tenaga surya (matahari).

Selain PLTS beberapa lokasi di NTT juga dikembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi, tenaga angin (bayu), dan energi dari tenaga air (hidro).

Baca Juga :  NTT Bukan MISKIN Harta dan Intelektual Tapi Miskin AKSESIBILITAS

“Khususnya Pulau Sumba ke depannya akan menjadi daerah sangat luar biasa kaya. Karena bukan saja energi matahari berubah menjadi enegi listrik. Tapi dari energi matahari bisa menghasilkan hidrogen. Dan ke depan hidrogen sangat dibutuhkan oleh negara-negara besar di dunia”, demikian Gubernur Viktor di Aula El Tari Kupang, Rabu 16 Agustus 2023.

Terhadap prospek pengembangan EBT secara besar-besaran di Pulau Sumba tersebut, Bupati Sumba Tengah, Paulus Limu tidak tanggung-tanggung menyiapkan lahan seluas 10.000 Ha.

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Bank NTT Cabang Waibakul, Mgr. Edmund Woga, CSsR. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Bank NTT Cabang Waibakul, Mgr. Edmund Woga, CSsR.