Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

KILAS Balik PEMILU 2024 di TPS 007 Bello NTT

Reporter: marthen radjaEditor: Dedy -Rumah Web Jakarta
CitraNews

Karena hal ini dilakukan melalui proses verifikasi identitas dan pengecekan nama pemilih dalam DPT sebelum memberikan surat suara.

Selain itu, KPPS juga harus memastikan perihal keamanan dan ketertiban di TPS selama proses pencoblosan. Mereka bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran, intimidasi, atau kekacauan yang dapat mengganggu kelancaran proses pemungutan suara.

Hal ini meliputi pengawasan terhadap lingkungan sekitar TPS dan menanggapi setiap insiden dengan cepat dan tepat.

Baca Juga :  Penyelenggaraan JALAN Terbaik, MAKSI Terima PENGHARGAAN dari Menteri PUPR

Selama proses pencoblosan, sambung dia, KPPS juga harus memberikan bantuan teknis kepada pemilih yang membutuhkan, seperti memberikan arahan tentang cara menggunakan surat suara atau membantu pemilih dengan kebutuhan khusus untuk memberikan suara mereka dengan mudah.

“Keterampilan komunikasi dan kesabaran sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh pemilih,” tuturnya.

Baca Juga :  Hasil RISET Kinerja Keuangan Bank NTT Berpredikat TERBAIK di Indonesia

Setelah proses pencoblosan selesai, KPPS memiliki tugas untuk menghitung suara dan mencatat hasilnya secara akurat.

 

Mereka harus menjaga keabsahan suara dan menghindari kesalahan dalam penghitungan untuk memastikan bahwa hasil yang diumumkan adalah representasi yang tepat dari kehendak pemilih.

Peran KPPS dalam proses pencoblosan di TPS sangatlah penting untuk memastikan bahwa setiap pemilih memiliki kesempatan untuk menggunakan hak suaranya secara bebas dan adil serta jujur dan bermartabat.

Baca Juga :  Menhub Tindak Tegas Maskapai Penerbangan yang Naikan Tarif

“Dengan tulus menjalankan tugas serta punya integritas dan tanggung jawab maka disitulah KPPS berkontribusi pada negara. Karena keberhasilan dalam pelaksanaan demokrasi akan memperkuat fondasi sistem politik yang demokratis”, tuturnya.

Soliditas Kunci Sukses

Sumber: Adhy Hoan
Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama CitraNews.Com Dengan Pemilu Serentak 2024, Penghitungan Suara. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pemilu Serentak 2024, Penghitungan Suara.