Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Kemesraan Papa NOVA dengan Gereja di NTT pun Berlalu

CitraNews

“Saya kira banyak yang mendoakan Pak Novanto. Kita tidak mau singgung soal kasus, tapi sebagai sesama manusia, kita memang harus mendoakan,”ujarnya.

Bantuan untuk Kelompok Kristen apalagi. Gereja Kristen, khususnya GMIT, juga mendapat perhatian yang serupa. Salah satu hasil Novanto yang kini masih terus dilakukan adalah pembangunan GMIT Center di Kota Kupang.

Pembangunan GMIT Center dimulai pada 2013, dengan menggunakan dana dari Kementerian Agama sebesar Rp3,5 miliar. Novanto pun diberi kesempatan untuk ambil bagian dalam peletakan batu pertama pembangunan GMIT Center.

Pembangunan gedung di Jl. Frans Seda ini diinisiasi oleh pendeta Robert Litelnoni, saat itu menjabat sebagai Ketua Sinonde GMIT. Pendeta Litelnoni dikenal cukup dekat dengan Novanto. Muhammad Ansor, Direktur Novanto Center, memberikan nama Pendeta Robert Litelnoni ketika meminta rekomendasi nama tokoh di NTT yang tahu benar bagaimana kerja Novanto.

Baca Juga :  PT ERO Gugat Gubernur VIKTOR Ini Penyebabnya

“Pendeta Robert Litelnoni … beliau mantan ketua Sinode GMIT, NTT,” kata Ansor melalui pesan singkat, 27 Februari 2018.

Kedekatan Novanto dengan pendeta Litelnoni dan pembangunan GMIT Center ini juga dibenarkan oleh Novanto sendiri. Meski samar-samar, Setnov mengaku kenal dengan pendeta Robert.  “Iya, benar (dengan Pak Robert). Saya rasa dulu kita lakukan itu,” kata Novanto sebelum persidangan di PN Jakarta Pusat, 12 Maret 2018, merujuk pembangunan GMIT Center yang sempat mangkrak tapi kembali dilanjutkan pada 2017.

Baca Juga :  KEPAK SAYAP Dari Negeri Seribu GEREJA Ke Negeri Seribu MASJID

Bantuan dari Novanto juga dirasakan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Kupang. Saat pembangunan gedung Student Center GMKI Kupang pada 2015, Novanto memberikan bantuan sebesar Rp25 juta. Ketua GMKI Cabang Kupang, Christo M. T. Kolimo, mengonfirmasi hal ini melalui pesan singkat.

“Untuk GMKI, sewaktu peletakan batu pertama Oktober 2015, Pak Setnov menyumbang Rp25 juta,” kata Kolimo.

GMKI tak memiliki kedekatan langsung dengan Novanto, tetapi ada Imanuel Blegur, seorang Senior GMKI yang dekat dengan Novanto. Selain menjadi ketua pembangunan gedung Student Center GMKI Kupang, Imanuel Blegur adalah kader partai Golkar. Kini ia mencalonkan diri sebagai calon Bupati Alor dengan rekomendasi dari Setya Novanto.

Baca Juga :  RUMAH PANCASILA Lahir Ditengah DEGRADASI Wawasan Kebangsaan

Kedekatan ini semua dikonfirmasi oleh Novanto. Meski banyak lupa detail, Novanto mengatakan tidak pernah perhitungan untuk urusan menyalurkan bantuan di NTT. “Kalau untuk urusan sosial-keagamaan, ya tentu saya bantu,”ucap Novanto. +++ cnc1/tirto.com

Gambar : Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto menyalami Jaksa Penuntut Umum KPK usai menjalani sidang putusan di pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa 24 April 2018. (doc. CNC/Sigid Kurniawan-ANTARA)