LISTRIK Amburadul Bupati ROBBY ‘Blusukan’ ke DESA Pedalaman

Bupati Sikka, ROBBY Idong dan sang istri, CAHYANI Idong. Doc. CNC/Fidel-Fortuna Explore.com

Adalah keharusan menggunakan dana desa untuk membangun kelistrikan dengan titik prioritas pada desa-desa yang sulit dijangkau jaringan PLN. Terpenuhinya kebutuhan listrik merupakan bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Citra-News,Com, MAUMERE – WUJUD PERHATIAN pemerintah akan kebutuhan dasar masyarakat desa adalah menggelontorkan miliaran dana ke setiap desa di tanah air. Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagian bagian dari NKRI tidak luput dari perhatian pemerintah pusat. Pada tahun 2019 ada 147 desa di kabupaten eks tsunami itu mendapat kucuran dana desa senilai Rp 151.300.419.000,-

Menelisik tepat tidaknya sasaran dana desa tersebut, Bupati Sikka FRANSIKUS Roberto Diogo, S.Sos, M.Si harus rela keluar masuk kampung di desa pedalaman. Faktanya pada Sabtu 19 Oktober 2019, sang bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka melakukan blusukan ke Dusun EWA Desa RUNUT Kecamatan Waigete.

“Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menjawab kebutuhan dasar masyarakat akan penerangan listrik. Selama ini Desa Runut belum dijangkau jaringan listrik dari PLN. Melalui dana desa diharapkan ada niat baik dari pemerintah desa untuk memasang listrik di setiap rumah tangga. Ini harus dilakukan dalam kerangka mendukung peningkatan ekonomi warga desa yang selama ini belum tersentuh pelayanan dasar,”ungkap Robby.

Gambar kiri, Tampak Ny. Cahyani Idong menikmati minuman produk buatan warga desa. Dan gambar kanan, Bupati dan Wakil Bupati Sikka, ROBBY Idong dan ROMANUS pose bersama penerima beasiswa. Doc. CNC/humas setkab sikka.

Diketahui, Dusun Ewa Desa Runut selama ini tidak saja jauh dari aspek jarak tapi jiuga jauh dari jangkauan pembangunan. Untuk itu diharapkan kerjasama pemerintah desa dan masyarakat sehingga program pro rakyat ini bisa tepat sasarannya.

“Saya harap masyarakat harus dukung program pemerintah agar bisa berjalan baik dan sukses. Ada beberapa program pro rakyat yang mampu derajat kehidupan masyarakat,”tandasnya. Sembari menyebutkan, ada program beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari orangtua tidak mampu secara ekonomi, ada juga beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan beasiswa khusus kedokteran serta dokter spesialis.

Adanya dana desa juga dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Sikka. Khususnya bagi anak-anak Desa Runut juga harus ada akses dari dana desa. Sehingga pada 4-5 tahun ke depan ada banyak sarjana yang bisa ‘dicetak’ dari Desa Runut.

Pemeritah hadir untuk mengurus rakyat, tegas Robby. Bukan bersenang-senang di atas penderitaan masyarakat. Kalau ada masyarakat yang lapar dan haus harus kita bantu, ada rakyat yang menderita sakit harus diperhatikan dan dilayani dengan baik.

Kepada kepala desa dan jajarannya, Bupati Robby berharap agar memanfaatkan dana desa secara iptimal untuk bantu masyarakat. Membangun jalan, air bersih, listrik, dan bedah rumah. Melalui dana desa uruslah masyarakat dengan baik. Kepala desa harus berlaku adil dan bijaksana serta jujur dan tulus melayani masyarakat.

Suasana warga Dusun Ewa saat menerima Bupati ROBBY Idong dan Ny. CAHYANI Idong, Sabtu 19 Oktober 2019. Gambar kanan, Bupati ROBBY saat berada di PaluE, Rabu 16 Oktober 2019. Doc. CNC/humas setkab sikka.

Sementara tokoh masyarakat Dusun Ewa, John Gobang menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Bupati Robby Idong dan ketua TP PKK, Ny. CAHYANI Idong. Yang meskipun hari libur telah rela meluangkan waktu mengunjungi rakyat Desa Runut.

“Kami di Desa Runut khususnya Dusun Ewa memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Jalan rusak berat, listrik tidak ada, dan banyak kesiulitan lainnya yang sangat membutuhkan sentuhan bantuan dari pemerintah,”pinta John.

Tidak berbeda dengan kunjungan kerja Bupati Robby ke PaluE sebelumnya, kedatangan Bupati Robby didampingi sang istri ke Dusun Ewa dalam rangka pemasangan listrik bagi warga masyarakat yang selama ini merindukan adanya penerangan lsitrik.

Menurut John Gobang, kedatangan sang Bupati dan istri memberikan kelegaan bagi warga desa. Juga berarti telah mewujudkan mimpi rakyat menjadi kenyataan (dream comes true). Impian akan penerangan listrik telah terjawab. +++ citra-news.com/very awales-humas setkab sikka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *