Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

JALA Program Smart Gubernur/Wagub VIKTOR – JOSEF

CitraNews

Ternyata keluhan pejabat pemerintah soal minimnya dana APBN dan atau APBD dalam membiayai pembangunan untuk kemaslahatan rakyat, hanyalah tameng semata.  Padahal masih ada celah lain untuk bisa menutupi kekurangan dana tersebut melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).  

Maumere, citra-news.com – UNTUK meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Gubernur VIKTOR Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur (Wagub) JOSEF A. Nae Soi meluncurkan program smart ‘JALA’ – Jalan, Listrik, dan Air.

Wagub Josef mengatakan, tiga infrastruktur dasar jalan, listrik, dan air selalu saja menjadi keluhan masyarakat kita. Terlebih warga masyarakat di desa pedalaman yang memiliki komoditi unggulan. Hasil produksi masyarakat sulit dipasarkan lantaran tidak ada akses jalan.

Baca Juga :  JALAN Pansel ENDE Terbangun Bupati DJAFAR Nekad TEROBOS Jalur EKSTRIM

“Oleh karena itu saya dan pak Viktor berkomitmen untuk membangun infrastruktur dasar bagi masyarakat. Ini program unggulan kami dengan target selama tiga tahun membangun jalan akses secara masif. Semua ruas jalan di NTT ini yang masih pengerasan atau Lapen (lapisan penetrasi) kita aspal semua,” kata Wagub Josef kepada wartawan di Maumere, Sabtu 8 September 2018.

Baca Juga :  PT GULF MANGAN GRUP Beri Bukti Bukan JANJI

Tentu menjadi pertanyaan, lanjut Josef, darimana dana untuk membangunnya sementara anggaran negara terbatas. Nah ini yang kerapkali menjadi keluhan pejabat pemerintah soal keterbatasan anggaran (dana) untuk membangun sarana prasarana yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat ini.

“Sesungguhnya ada celah lain untuk mendapatkan dana jika saja anggaran negara terbatas. Ada PINA – Program Insfrastruktur Non APBN/APBD. Diantaranya melalui dana CSR yang merupakan hasil Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU),”jelas dia.

Menjawab wartawan soal dana ABPD Provinsi untuk  membangun jalan, Wagub Josef mengakui pihaknya belum mengetahui besaran anggaran dimaksud. “Kami belum tahu berapa dana yang disediakan untuk membangun jalan. Tapi yang pasti saya dan pak Viktor akan melakukan terobosan melalui dana KPBU senilai Rp 4,5 triliun itu,”tandasnya.

Baca Juga :  Kominfo Putuskan Blokir Sementara Tik Tok

Wagub Josef berjanji, tahun depan (2019) akan menyelesaikan pekerjaan jalan di Amfoang Kabupaten Kupang dan jalan di Elar Kabupaten Manggarai Timur. Juga beberapa ruas jalan kabupaten kita naikkan statusnya ke jalan provinsi, demikian juga jalan provinsi ke jalan negara. Dengan membangun dua jalur sehingga aksesibilitas perekonomian masyarakat menjadi lancar.