Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

ENDE, Tempat BUNG KARNO ‘Menggali’ Butir PANCASILA

CitraNews

“Kota Ende di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi tempat bersejarah. Ende adalah tempat Bung Karno menjalani pengasingan selama empat tahun (14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938). Di tempat ini presiden pertama Indonesia, Soekarno, menggali Pancasila sebagai dasar negara,”jelas Kumolo.

Sebagai Mendagri, kata Kumolo, di mana Bung Karno pernah menginjakkan kakinya di Nusantara ini maka kita akan bangun patungnya. Selain Ende di Pulau Flores juga di Atambua (Kabupaten Belu) dan Kabupaten Malaka Pulau Timor NTT juga dibangun Patung Soekarno. Juga pulau lain yang paling dekat dengan Australia akan dibangun patung Soekarno yakni Pulau Rondo di Aceh, Maluku dan Bengkulu.

“Akan kami pasang patungnya Bung Karno. Bukan kita menghormati patungnya, tapi arti semangat dari Bung Karno yang ingin kita apresiasi. Selain patung Soekarno juga akan kita pasang lambang Bhineka Tunggal Ika dengan lima silanya,”ucapnya.

Baca Juga :  AKHIRI Masa Jabatannya, JERIKO Mohon PAMIT dan Minta MAAF
Baca Juga :  HLM TPID-GNPIP di Maumere Gubernur VIKTOR Singgung DANA DESA Untuk PEM

Sebelumnya, di sela-sela Festival Parade Pesona Kebangsaan di Lapangan Pancasila, Ende, Kamis 31 Mei 2018, Kumolo mengatakan Bung Karno menggali Pancasila diawali dari Kota Ende. Di bawah pohon sukun, Bung Karno merenung dan menemukan buah pemikiran tentang Pancasila.

“Di Ende, Soekarno bukan menggali Ende, melainkan Nusantara. Itu artinya, Ende menjadi bagian dari inspirasi secara nasional. NTT merupakan bagian dari NKRI, perlu ada pesta budaya, agar bisa tahu keragaman budaya yang ada di Indonesia. Makanya langkah Presiden Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) akan membuat semua orang tahu, dari mana lahirnya dasar negara Indonesia itu. Apalagi di Ende antar-agama sudah saling membaur dan bergotong royong, sehingga perlu dilestarikan,”paparnya.