POLITIKUS ‘Bajing Loncat’ Antar Parpol, Ini Motivasinya

Dalam setiap hajatan pendaftaran sebagai calon legislative dari Parpol peserta Pemilu, sudah hampir pasti banyak politikus jadi bajing loncat alias pindah partai. Ada 4 (empat) hal yang memotivasi politikus pindah partai yaitu ideology partai, konflik internal partai, dan msa depan partai, dan iming-iming fasilitas dari partai lain.

Jakarta, citra-news.com – ZAINUDIN Amali, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar menjelaskan beberapa alasan yang membuat sejumlah politikus pindah partai dengan mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari partai lain.

Zainuddin Amali kemudian menyebutkan ada empat alasan utama yakni alasan terkait dengan ikatan ideologi antara politikus dengan partainya. Semakin kuat ikatan ideologi politikus dengan partainya maka semakin tidak ada kemungkinan ia akan pindah partai.

Alasan lainnya,  adalah karena konflik internal partai, kekhawatiran akan masa depan partai, serta iming-iming dari partai lain. “Karena konflik internl di partai asal membuat partai politik (Parpol) terbelah. Sehingga politikus jadi tidak nyaman dan mencari partai yang stabil,”katanya.

Hal ketiga, menurut Amali, kekhawatiran terhadap masa depan partai. Berdasarkan amanah UU Pemilu mengatur partai politik akan tetap bertahan di DPR RI jika memenuhi syarat parliamentary threshold minimal empat persen.  Ketentuan ini membuat politikus khawatir partainya tidak bertahan di DPR sehingga ia pindah ke partai.

Selanjutnya yang keempat, sebaut dia, adanya tawaran pindah dari partai lain dengan iming-iming alat peraga kampanye maupun insentif dana kampanye.

“Saya melihat dari empat faktor tersebut, yang paling prinsip adalah faktor pertama yakni ideologi. Kalau ada ikatan ideologi yang kuat antara politikus dan partainya, maka tidak akan terjadi pindah partai,”kata  Amali pada diskusi “Bacaleg: Lompat Partai, Banyak PAW, dan Gangguan Kinerja” di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis pecan lalu.

Zainuddin juga menyebut, menjelang pemilu legislatif yang diselenggarakan bersamaan dengan pemilu presiden pada 2019, makin banyak politikus yang pindah partai dan menjadi caleg dari partai lain. “Memang pada pemilu sebelumnya ada politikus yang pindah partai tapi tidak sebanyak saat ini,”tegasnya. +++ tim cnc/web

Gambar : Illustrasi beberapa bendera Parpol peserta Pemilu  2019. Doc. CNC/antara.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *