Bupati LENS Haning Terima Anugerah INOVASI TOP 99

“Top Ninety Nine” atau Top 99 adalah sebuah penghargaan di tingkat dunia yang dipersembahkan khusus bagi orang-orang yang sudah teruji inovasinya dalam memberikan pelayanan kepada public.

Kupang, citra-news.com – BUPATI Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. LEONARD Haning, MM menerima Anugerah INOVASI TOP 99 pada tanggal 19 September 2018 di Sangrila Hotel Surabaya.

Dikatakan Bupati LENS -demikian ia akrab disapa- penghargaan inovatif ini dianugerahkan kepada pejabat atau para pihak yang berkompeten dalam memberikan pelayanan public.  Dan untuk memperolehnya melalui ujian yang super berat.

“Tidak mudah mendapati anugerah pengharagaan Inovasi Top 99. Saya harus lewati ujian berat layaknya ‘ujian thesis’ untuk meraih gelar doctor. Ada beberapa tahapan ujian mulai dari Top 99 meningkat ke Top 40 lalu sampai Top 10 dunia. Setiap tahapan ini diseleksi secara ketat. Setelah lolos setiap tahapan itu diberikan penghargaan. Saya sudah lolos ujian seleksi Top 99 dan layak terima Inovasi Top 99,”jelas Bupati Kabupaten Rote Ndao dua periode itu.

Menjawab citra-news.com peluang ke dua tahapan berikutnya, Bupati Lens memastikan dirinya berkesempatan masuk dalam kategori Top 40 hingga Top 10 dunia. Pasalnya, selain pejabat kepala daerah yang ikut terseleksi setelah lolos ke kelas ‘Top’ peringkat berikutnya tidak akan ada orang (pejabat) baru lagi yang diseleksi. Yang diseleksi untuk ‘naik kelas’ ke peringkat yang ada hanyalah seputar orang-orang (pejabat) yang sudah terseleksi sebelumnya.

Perihal hingga Bupati Lens masuk Inovasi Top 99, jelas dia, bermula dari program nyata pemerintah Kabupaten Rote Ndao sejak 10 (sepuluh) tahun lalu terkait pembangunan terutama di sector pertanian. Tidak kecuali sector lain yang menjadi kiat-kiat program kerja bupati kepala daerah.

Menurut Bupati LENS, program pembangunan di bidang pertanian menjadi sector unggulan terus dilaksanakan pemerintah dan bahkan dikawal hingga ke lokasi dimana para petani beraktivitas. Gerakan mensejahterakan petani atau dengan sebutan ‘LAKAMOLA ANANSIO’ di Kabupaten Rote Ndao dilaksanakan tidak hanya semata-mata oleh dinas pertanian. Akan tetapi saling sinergis antarlintas sector dan harus dipraktekan.

“Para pejabat di semua OPD (organisasi perangkat daerah) bersama staf ASN berseragam lengkap saya ajak melakukan apel di tengah sawah. Itu saya lakukan beberapa kali saya pimpin apel, baik pada musim tanam dan pada saat panenan. Atau melantik camat atau kepala desa di kandang ternak atau di tengah padang terbuka. Ini saya lakukan untuk mengedukasi bagi kelompok ASN bahwa tekad untuk mensejahterakan masyarakat tidak hanya tertulis indah dalam program akan tetapi harus dipraktekan. Jadi bukan cuma kerja atau memberikan pelayanan secara administrasi saja. Akan tetapi kerja (pelayanan publik) secara nyata di lapangan,”paparnya.

Mungkin karena teknologi informasi yang sudah canggih saat ini, Bupati LENS mengisahkan, maka upaya kerja nyata ini menjadi viral di media massa dan media social. Tidak lama berselang lalu ada tim datang melakukan survey dan mewawancarai (interview) saya terkait dengan program pembangunan dan pelayanan pemerintahan. Kemudian saya diundang test  interview di Jakarta dan diminta membuat laporan layaknya menyusun bahan ujian thesis.

Melalui ujian yang kesekian kalinya barulah diumumkan nama-nama yang lulus ujian kompetensi  yang dimaksud dengan Inovasi Top 99. Dan penghargaannya baru kami terima pada tanggal 19 September lalu. Dari Top 99 kemudian dilakukan ujian (test) lagi untuk naik peringkat ke Top 40. Dari Top 40 juga dilakukan test untuk merebut Peringkat 10 Besar Dunia atau TOP TEN.

Sehingga kalau berbicara soal pelayanan public terkait dengan kesejahteraan rakyat, tambah dia, seorang pejabat  pemerintah harus bekerja dengan hati yang tulus dan ikhlas membangun. Karena tujuan dari pembangunan adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat. +++ cnc1

Gambar : Bupati Kabupaten Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM

Foto : doc. CNC/dinas kominfo rotendao

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *