Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

PRIORITAS Bangun Infrastruktur JALAN di 5 Kabupaten

CitraNews

Menjawab langkah cepat ala Gubernur NTT VIKTOR Bungtilu Lasikodat, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi  Nusa Tenggara Timur telah men-design perencanaan ruas jalan rusak berat untuk segera dibangun mulai tahun 2019 di 5 (lima) kabupaten. 

Kupang, citra-news.com – DINAS PEKERJAAN Umum Provinsi  Nusa Tenggara Timur (Dinas PU NTT), melalui APBD-Perubahan tahun 2018, sudah melakukan grand design terhadap ruas-ruas jalan yang tidak mantap (kondisi rusak berat) di 5 kabupaten. Masing-masing Kabupaten Kupang, Kabupaten Ngada, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Sumba Timur, dan Kabupaten Manggarai Timur.

Demikian Kepala Dinas PU NTT, Ir. Andre W. Koreh, MT melalui Pelaksana Harian Kepala Bidang Bina Marga, Dr. Ir. Alfons Theodorus, MT kepada wartawan di lantai 4 Dinas PU NTT, Kupang, Kamis 27 September 2018.

Baca Juga :  Songsong G20 Bank NTT Sediakan Produk DIGITALISASI di Waterfront City

Alfons menjelaskan, dalam rapat bersama Komisi IV DPRD Provinsi NTT, telah disepakati untuk segera dilakukan design perencanaan pembangunan infrastruktur jalan tidak mantap alias rusak berat di 5 (lima) kabupaten di Provinsi NTT.

“Melalui APBD-Perubahan Tahun Anggaran/TA 2018 kami di Dinas PU sudah memulai design perencanaan. Dalam design ini yang menjadi prioritas adalah pembangunan Infrastruktur jalan. Untuk Kabupaten Kupang khususnya ruas-ruas jalan kondisi tidak mantap (rusak berat). Termasuk men-design pembangunan jembatan Termanu yang menghubungkan ruas jalan Barate-Manubelon-Naikliu-Oekusi (Negara Timor Leste),”beber Alfons.

Diketahui bersama, lanjut dia, ruas-ruas jalan kondisi rusak berat di Kabupaten Kupang menjadi prioritas utama mengikuti langkah cepat program prioritas yang dicanangkan Gubenur NTT saat ini. “Kami optimis langkah cepat pembangunan infrastruktur jalan seperti yang diharapkan bapak Gubernur VIKTOR Laiskodat, bisa terwujud,”tandasnya.

Baca Juga :  WARGA Enam Desa LEGAH Sumber AIR Sudah DEKAT

Di Kabupaten Kupang beberapa ruas jalan yang ada di Observatorium Timau, kata Alfons,  beliau (Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat) berharap secepatnya menuntaskan itu. Sementara lintas utaranya Sumba Timur kita melakukan percepatan pembangunan jalan, juga di wilayah tiga kabupaten lainnya.

Menurutnya, dalam design perencanaan bahwa di semua titik (ruas jalan) yang ada ini ada pekerjaan-pekerjaan jumlah kilo meternya diperbanyak. Karena selama ini dibangun dalam satu ruas hanya sekitar satu dua kilometer saja. Sekarang beliau mengkosepkan percepatan dengan jumlah kilonya diperbanyak.

Baca Juga :  AYO BERUBAH Di Beranda Program BEDAH Rumah Pemkot Kupang

“Memang persoalannya pada sisi pendanaan. Akan tetapi kami ke depannya untuk menjawabi persoalan utama yang dihadapi dalam melaksanakan 5 (lima) program utamannya ini, yakinlah beliau akan ada dana dari berbagai sumber yang mampu menopang. Terutama dalam upaya percepatan pembangunan infrastruktur jalan ini,”ucap Alfons.

Satu hal yang juga perlu selain  kesiapan dana, tambah dia, adalah kesiapan resources AMP dan rekanan yang ada. Sehingga kalau pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya hanya mampu satu dua kilo meter saja, maka dengan percepatan ini bisa mencapai 50-an kilometer sekaligus.