Wujudkan Spirit DEMOKRASI yang Pancasilais di PEMILU 2019

Rickson Situmorang : Bila mendukung salah satu calon di Pileg dan Pilpres, agar ciptakan suasana yang aman, tenteram, serta jangan memakai cara hoax dan politik SARA. Mari kita wujudkan demokrasi yang Pancasilais di Pemilu 2019.

Maumere, citra-news.com – KEPALA Kepolisian Resor Sikka, AKBP Rickson Situmorang, SIK mengatakan, pemaknaan nilai-nilai luhur Pancasila sangat penting bagi masyarakat terutama generasi muda di era demokrasi saat ini.

“Hari Kesaktian Pancasila ini tentunya mengingatkan kita pada sejarah kelam bangsa Indonesia. Dimana telah terjadi peristiwa pemberontakan G.30 S/PKI, tepatnya angal 30 September 1965. Peristiwa ini telah memakan banyak korban jiwa dalam memperjuangkan nilai-nilai Pancasila,”demikian Rickson ketika membacakan amanat pidatonya.

Apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Senin 1 Oktober 2018 di halaman Mapolres Sikka di Maumere, Rickson bertindak selaku Inspektur Upacara dan Perwira Upacara Kasat Lantas Polres Sikka, Iptu Leyfrits Mada, SH. Sementara yang menjadi Komandan Upacara adalah KBO Kasat Lantas Polres Sikka, Ipda Valentinus Tani. Sedangkan peserta upacara diantaranya, Wakapolres Sikka, Kompol Iwan Iswahyudi, S.Pd, para Kabag, para Kasat, para Perwira Staf, dan seluruh jajaran Polres Sikka.

Situmorang juga mengingatkan bahwa tanggal 1 Oktober merupakan hari yang penuh dengan sejarah bagi bangsa Indonesia dalam mempertahankan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Peristiwa ini dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk mengambil makna nilai-nilai luhur dalam Pancasila dan diimplementasikan dalam kehidupan nyata setiap hari.

“Pemaknaan nilai-nilai luhur Pancasila sangat penting bagi masyarakat terutama generasi muda dan kita sebagai anggota Polri.  Agar Pancasila tetap kokoh untuk selamanya dan bangsa Indonesia tetap jaya. NKRI harga mati,”tegas Situmorang.

Amankan Pemilu 2019

Pada Selasa 2 Oktober 2018 jajaran Polres Sikka juga menggelar apel persiapan pengamanan Pilpres (Pemilihan Presiden) dan Pileg (Pemilihan legislative) tahun 2019 mendatang.

Situmorang mengatakan, bahwa apel yang dilaksanakan adalah gelar ALMATSUS (peralatan material khusus). Apel ini digelar atas perintah Kapolri dalam rangka mengecek sejauhmana persiapan Polres Sikka dalam mengawal pesta demokrasi rakyat Indonesia pada tahun 2019 nanti, yaitu Pilpres dan Pileg.

Ada beberapa persiapan peralatan dimaksudkan diantaranya kendaraan roda enam, empat, dan roda dua, dengan masing-masing jenis, type serta fungsinya. Selain itu juga beberapa jenis dan typoe senjatayang disiapkan untuk mendukung perasi pengamanan. Semua peralatan ini dilakukanpengecekan dan siap terpakai. Untuk kesiapan personil, Polres Sikka menurunkan 300 personil.

Kapolres Situmorang juga mengakui pasca pesta Pilkada Sikka, pelantikan bupati/wakil, dan pentahbisan Uskup Maumere, suasana keamanan di wilayah Polres Sikka aman, kondusif dan terkendali.

“Pada pesta demokrasi di Pemilu 2019 nantinya masyarakat juga tetap menjaga suasana agar tetap kondusif. Bila mendukung salah satu calon baik Pileg atau Pilpres, agar ciptakan suasanayang aman dan tenteram. Serta jangan memakai cara hoax dan politik SARA,” pinta Situmorang. +++ amor/cnc

Reporter : Armando WS/CNC

Editor : marthen radja

Gambar : Kapolres Sikka, AKBP Rickson Situmorang, SIK tengah memeriksa kesiapan ALMATSUS (jenis senjata laras panjang) untuk pengamanan Pemilu 2019 di halaman Mapolres Sikka di Maumere, Selasa 2 Oktober 2018

foto : doc. Armando WS/CNC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *