Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Spirit NAWACITA Membangun MASYARAKAT dari DESA

CitraNews

Lebih jauh dijelaskan, program NAWACITA ini bertujuan untuk perubahan Indonesia berdaulat secara politik serta mandiri dalam bidang ekonomi dan kebudayaan. Oleh karena itu pemerintah bertekad menjadikan Indonesia Maju Indonesia Hebat  yang dimulai dari desa dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat desa. Dengan bentuk anggaran pendamping dana desa yang profesional.

Ada tiga asas kejiwaan yang harus dimiliki tenaga pendamping dana desa. Yaitu beban, tumpuan, dan kemampuan. Oleh karena iotu dana desa juga merupakan pengungkit dalam pembangunan daerah dengan melibatkan tiga kemampuan tersebut.

Selain itu, lanjut Josef, pendamping dana desa ini dalam menjalankan tugasnya harus juga memliki tiga kemampuan sekaligus. Yakni knowledge, skill,  dan attitude. Juga tegas dalam iman dan kuat dalam percobaan.

Baca Juga :  Jefri : Gunakan Kendaraan Operasioal Untuk Kebutuhan Masyarakat

Karena itu dalam tugasnya mengawal proses pengelolaan dana desa, membantu kepala desa dan perangkat desa dalam menyusun dokomen perencanaan desa. Seperti RPJM-Des, RKP-Des serta berbagai peraturan-peraturan desa. Berbagai kebijakan ini dilakujkan menginagt keterbatasan kemampuan SDM di desa sehubungan penyelenggaraan pemerintah dalam pembangunan dapat berjalan optimal. Kelak pemeritah desa dap[at mengelola secara mandiri sesuai amanat UU desa tersebut.

Baca Juga :  Wujudkan Gerakan KUPANG HIJAU Wali Kota Ajak Warga TANAM POHON

Menurutnya, sejauh ini pemerntah terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pengelolaan dana desa. Baik dari segi pemanfaatan pembangunandan pemberdayaan masyarakat dea, agar penggunaan dana desa benar-benartepatsasaran untuk peningkatan kehidupan masyarakat desa.

Baca Juga :  Kader PMKRI Diminta Lebih Militansi dan Inovatif

Penggunaan dana desa dimanfaatkan untuk program unggulan seperti membangun embung, pembangunan sarana prasarana (Sarpras) olahraga, padat karya, infrastruktur, dan program inovasi desa serta program pemberdayaan lainnya.