Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

PJUTS dan LTSHE Dongkrak NTT Elektrifikasi TERENDAH di Indonesia

CitraNews

Ignasius Jonan dalam lawatannya ke NTT ini mengambil tempat di Kota Kupang. Dalam mana Jonan menandatangani prasasti peresmian sumur bor serta penyerahan secara simbolis LTSHE kepada perwakilan masyarakat dari 9 kabupaten. Pada kesempatan yang sama Jonan juga secara simbolis menekan tombol peresmian dan penyerahan PJUTS kepada Wagub NTT, Josef A. Nae Soi dan Eakil Walikota Kupang, dr. Herman Man.

NTT Selalu Ada di Hati Menteri ESDM

Menteri Jonan mengatakan, NTT menjadi salah satu daerah prioritas perhatian dari Kemneterian ESDM. Pihak kementerian akan berupaya optimal untuk meningkatkan penyediaan listrik dan ai bersih untuk masyarakat di NTT.

Baca Juga :  KEMENKOPUKM Gelar Vocational Bagi Pelaku UMKM Pengolahan HASIL Ternak

“Hati saya pasti di NTT. Coba ajabawa foto saya tanpa nama dari Atambau sampai Kupang dan Larantukan sampai Labuan Bajo. Pasti orang tahu saya. Saya jarang sekali melakukan peresmian. Dari 200 peresmian proyek kementerian ESDM saya hanya kebagian 10 termasuk hari ini di NTT. Saya biasanya pilih daerah yang butuh perhatian lebih,” ucap Jonan.

Baca Juga :  LISTRIK Amburadul Bupati ROBBY ‘Blusukan’ ke DESA Pedalaman

Ditegaskannya, Kementerian ESDM bertekad membantu pemenuhan kebutuhan listrik dan air bagi masyarakat NTT. Ratio elektrifitas di NTT merupakan yang terendah di Indonesia. Yakni hanya sekitar 62 persen berada dibawah Maluku dan Papua. padahal Papua sudah mencapai 90 persen lebih.

“Kami sudah sepakat PLN akan mati-matian memenuhi sampai dengan 90-an persen. hanya kami minta kalau kesulitan lahan dan lain sebagainya, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bisa membantu kami untuk mengatasinya,”pinta mantan Menteri Perhubungan RI ini.

Baca Juga :  PT GULF MANGAN GRUP Beri Bukti Bukan JANJI

Lebih jauh Jonan membeberkan, dalam mendukung upaya peningktan elektrifikasi di NTT, Kementerian ESDM juga akan terus meningkatkan pengadaan PJUTS. Juga LTSHE untuk rumah-rumah masyarakat yang tidak mampu bayar listrik dan tidak punya jaringan PLN.

Pada tahun 2018, sebut Jonan, PJUTS untuk NTT sebanyak 1.034 titik. tahun 2019 dari sekitar 21.280 seluruh Indonesia, NTT dapat 1000.