Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Desa DIGITAL Menuju REVOLUSI Industri ‘Four Point Zero’

CitraNews

Kegiatan Seminar Nasional yang digagas pihak Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang ini menghadirkan pembicara utama (key note speaker) yang handal, Prof. Dr. Achmad Nizar Hadyanto, S.Com. M.Com dari Universitas Indonesia (UI) dan Drs. Aba Maulaka, selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT.

Terkait data NIZAR menyodorkan konsep ‘Big Data’ menuju ‘Smart City’. Menurutnya, ‘Big Data’ sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak. Entah untuk kebutuhan bisnis, kebutuhan social ekonomi, kedokteran, keamanan Negara, dan beragam kebutuhan lainnya.

“Soal Big Data hasilnya dalam jangka waktu tertentu harus berkualitas. Ini tentunya dimulai dari proses yang juga harus valid. Validitas data dalam sebuah data alitis terutama kerapkali jadi problem. Akibatnya sekitar 55 persen bisnis di Indonesia gagal,”kata Nizar.

Baca Juga :  Irfan : Situasi Pandemi Covid19 MUTU Pendidikan BUKAN Hal Utama

Dia mencontohkan harga sebuah produk kamera di Amazone saat dilepas di media social (Medsos) seharga 10 EURO. Tapi karena salah dalam membuat master data menjadi seharga 10 US Dollar. Ini dua angka harga kamera yang berbeda cukup besar nilainya. Konsumen yang membeli produk ini sudah tentu untung dong. Yang rugi adalah perusahaan oleh sebab tidak teliti saat memasukan data harga.

Baca Juga :  Kondisi Topografi BUKAN Jadi KENDALA Bank NTT Membumikan Digitalisasi UMKM

Oleh karena itu, tambah Nizar, sebuah data yang berkualitas harus ada unsure-unsur diantaranya lengkap (completnes); accuracy; time lines atau sesuai dengan kebutuhan.  Pengelola data adalah pihak yang paling bertanggung jawab  soal data. Yang membuat data benar atau salah itu manusia bukan perangkat teknologi,tegasnya.

Baca Juga :  BERAS Harga MELAMBUNG Pihak BULOG Edarkan Beras MURAH Tapi TERBATAS

Umumnya peserta yang hadir di Seminar yang digelar di Sahid Hotel (T-More) Kupang, 27 September 2019 adalah mahasiswa dari jurusan komputersiasi dan jurusan komunikasi dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Kota Kupang.