Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

SEKOLAH MODEL Wujudkan NIAT Menggapai SDM Unggul

Dijelaskan, jumlah siswa SMKN 1 Kota Kupang kelas UN  untuk tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 700-an siswa. Jika pada kelas kelompok utama terdapat 200 siswa dan capaian prestasi sebanyak 100 siswa saja maka sudah merupakan prestise yang luar biasa bukan?

Katakan saja dari 8 Sekolah Model, tambah dia, ada 200 siswa yang berpredikat unggul secara nasional maka hasil UN 2019/2020 bisa menghapuskan ‘noda’ rendahnya capaian mutu lulusan NTT secara nasonal pada tahun-tahun sebelumnya.

“Dari SMKN 1 Kota Kupang kami targetkan dari 200-an siswa kategori kelas utama plus kelas menenengah dan kelas bawah cukup 50-100 siswa saja. Saya tidak tahu persis jumlah siswa UN dari 7 sekolah lainnya itu. Tapi kalau kita dapat sekitar 25-50 orang per sekolah maka ada sekitar 200-300 siswa berprestasi dari NTT. Ini sudah luar biasa prestasinnya,”ungkap Mat.

Baca Juga :  RUBA DEO Potret Inovasi Tiada Henti Kain Tenun Ikat NTT

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas P dan K Provinsi NTT, Drs. BENYAMIN Lola, M.Pd menjelaskan, ada 8 sekolah tingkat menengah di Provinsi NTT dilakukan ujicoba  perolehan prestasi pada UN TA 2019/2020.

Baca Juga :  TAMPIL Beda Pelaksanaan USBN di SMKN 5 Kupang

Ke-8 sekolah dimaksud adalah di Kota Kupang ada tiga sekolah masing-masing SMKN 1, SMAN 1, dan SMAN 5. Sementara 5 (lima) sekolah lannya adalah SMKN Wae Ri’I dan SMAN Langkerembong; SMKN 1 Waikabubak Sumba Barat; SMAN 2 Waingapu Sumba Timur; dan SMAN 1 Harikakae di Kabupaten Malaka.

Drs. BENYAMIN Lila, M.Pd dan MATHIAS M. Beeh, S.ST.Par,MM. Doc. CNC/marthen radja-Citra News

“Ke-8 sekolah tingkat menengah ini kita tetapkan sesuai capaian hasil UN pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga ke-8 Sekolah Berprestasi ini menjadi Sekolah Contoh hasil UN untuk tahun ajaran 2019/2020. Sekaligus juga memotivasi bagi sekolah lainnya mencapai prestasi yang sama atau lebih baik lagi pada UN di tahun-tahun berikutya,”jelas Benyamin.

Baca Juga :  Selamat Jalan GURUKU Suster MARIA KARITAS, SSpS

Kita menyadari, tambah dia, hasil UN setiap tahun untuk Provinsi NTT selalu berada pada posisi dibawah nasional. Dari fakta ini membuat Pemerintah Provinsi NTT melakukan terobosan yang berarti agar pihak sekolah terus berkreasi dan berinovasi dalam menatalaksana pendidikan secara baik. Ukurannya ada pada hasil capaian prestasi siswa dan mutu lulusannya.