Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

SEKOLAH MODEL Wujudkan NIAT Menggapai SDM Unggul

Sedikitnya ada 8 (delapan) sekolah menengah di Provinsi NTT yang dipilih dinas sebagai sekolah model atau sekolah contoh. Jika pada UN tahun ini sekolah-sekolah ini bisa membuktikannya melalui capaian hasil UN sesuai target yang ditetapkan pemerintah maka dipastikan untuk UN di tahun-tahun berikutnya jumlah sekolahnya akan bertambah.

“Kami meyakini itu karena secara individu siswa SMKN 1 Kota Kupang sudah membuktikannya melalui hasil  UN tahun-tahun sebelumnya. Apalagi dengan penetapan sekolah kami menjadi salah satu sekolah model, pemerintah provinsi akan membantu sarana prasarana (Sarpras) dan fasilitas pendukung untuk kegiatan UN nanti,”kata Mat.

MATHIAS M. Beeh, S.ST.Par,MM. Doc. CNC/marthen radja-Citra News

SMKN 1 Kota Kupang dalam persiapan menjadi Sekolah Model ini, beber dia, pihaknya telah melakukan rapat internal dengan para guru dan tenaga kependidikan yang ada. Guru-guru sudah sepakat setelah siswa kelas III kembali dari kegiatan praktek industry, setiap guru akan menangani 8 siswa atau 1 : 8 (satu orang guru berbanding 8 siswa).

Baca Juga :  Film Rumah Merah Putih Melabuhkan ‘the Unity of Diversity’
Baca Juga :  Jiwa Sosial yang Tinggi

“Kami sudah sepakati, nantinya siswa kelas UN (Kelas XII, red) dikelompokkan dalam tiga kategori prestasi. Ada kelas utama, kelas menengah, dan kelas dengan prestasi dibawahnya. Pembagian ini bukan lagi per jurusan (komptensi kahlian) tapi gabung dari 5 jurusan yang ada, yakni dari jurusan perkantoran, pariwisata, marketing, akuntansi, dan teknik komputer jaringan,”jelas Mat.

Dia menambahkan, kalau ditilik prestasi per individu maka siswa SMKN 1 Kota Kupang selalu unggul setiap tahunnya. Kami punya siswa pada UN tahun 2018/2019, nilai matematikanya 10. Dan beberapa mata pelajaran lainnya rata-rata nilai 9.

Baca Juga :  Camat ALEX Sodorkan GEMAS Usia Dini di Tabungan SIMPEL Bank NTT

“Tapi prestasi individu inikan tidak bisa mewakili secara nasional. Di tingkat nasional yang dinilai itu jumlah sekolah yang ada di provinsi. Ada berapa sekolah dengan jumlah nilai tertinggi. Dari angka itulah menjadi penentu mutu lulusan secara nasional,”ujarnya.

Sekolah UJI COBA Ujian Nasional 2019/2020