Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Pemprov Perlu KAJI Lagi Soal Sumbangan PAD dari SMA/SMK Negeri

CitraNews

“SMKN 2 Kupang sebagai salah satu lembaga pendidikan dibawah kewenangan Pemprov NTT, kami tentunya siap memberikan sumbangan untuk menambah PAD kita. Tapi sebelumnya kita harus duduk baomong  (duduk berdiskusi dalam rapat bersama,red). Dari Dinas P dan K provinsi kami berharap memiliki data sekolah potensial untuk sumbangan PAD dimaksud. Dari data ini kemudian dibawa ke forum rapat bersama para kepala sekolah untuk kita sama-sama membedahnya lebih obyektif,”demikian Kase saat ditemui di Kupang, Jumat, 31 Januari 2020.

Baca Juga :  Mau Jadi JUARA di Ajang STQ? Berikut Tips MENANG Versi GEORGE Hadjoh

Dia mengakui, semua SMKN yang ada di Provinsi NTT miliki keunggulan-keunggulan masing-masing. SMKN 2 Kupang menurut pandangan orang luar adalah sekolah besar yang memiliki kelengkapan fasilitas dan sarpras (sarana prasarana). Namun secara internal SMKN 2 Kupang lebih pada pelayanan jasa dan bukan profit.

“Sekolah kita ini lebih berorientasi pada jasa. Kita bukan sekolah yang berorientasi pada profit seperti SMKN lainnya. Meskipun memiliki kelengkapan fasilitas dan Sarpras yang memadai dengan harga ratusan juta. Akan tetapi biaya operasionalnya juga tinggi termasuk pemeliharaan dan lain-lain. Yang kita sisipkan dari dana BOS. Dan ini semua untuk kebutuhan praktek siswa yang pada gilirannya menghasilkan output yang  memiliki skill mumpuni  di dunia kerja nantinya,”beber Kase.

Baca Juga :  BELUM Ada Niat Naikkan Status SMK Kesehatan Swasta ke Negeri

SMKN 2 Kupang punya mesin bubut, lanjut dia, tapi siapa yang mau datang service kendaraannya di sekolah ini. Sehingga ada pemasukan untuk sekolah. Orang akan lari ke bengkel mobil. Demikian halnya untuk Kompetensi Keahlian (Komli) Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), pihak siapa yang datang minta siswa instalasi di rumah atau gedung. Sehingga hasil sewaan itu kita bisa sisip untuk kebuthan operasional dan sumbangan PAD.