KOLABORASI Dalam Membangun MENOPANG Sukses

Pidato Gubernur VIKTOR Bungtilu Laiskodat ketika melawat ke Kabupaten TTS, Kamis 13 Pebruari 2020. Doc.CNC/jor tefa – Citra News.

Gubernur Viktor : Kunci sukses dalam pembangunan adalah saling menopang antarpemerintah kabupaten/kota dan provinsi atau antar OPD. Jangan OPD di kabupaten buat lain atau tidak sinkron dengan rencana Pemprov.

Citra-News.Com, SOE – PEMERINTAH Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) segera membangun infrasruktur jalan dari Kota SoE menuju Kapan Kecamatan Mollo Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Pembangunan infrastruktur dimaksud guna memperlancar transportasi dan memudahkan aksesibilitas masyarakat.

Hal itu dikatakan Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat ketika melawat ke Kabupaten TTS, Kamis 13 Pebruari 2020.

“Ruas jalan SoE-Kapan-Nausus yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi akan segera dikerjakan tahun 2021. Wilayah Mollo Kabupaten TTS memiliki potesi yang luar biasa. Alam di TS harus dijadikan sebagai destinasi wisata ungulan yang membanggakan dan mengharumakan TTS. Oleh karena itu ruas jalan di wilayah Mollo ini akan dikerjakan tahun depan,”janji Gubernur Viktor.

Menurut mantan anggota DPR RI dua periode dan dari partai yang berbeda, yakni Partai Golkar dan Partai Nasdem ini, alam di Mollo Kabupaten TTS indah dan sejuk. Mollo punya potensi yang menarik wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik NTT sendiri.

“Tahun depan kita kerja jalan sehingga datang kesini tidak lagi rem-rem. Karena hanya membutuhkan waku paling kurang 15 menit sudah tibadi alam yang hijau dan sejuk,”ungkap Gubernur Viktor saat berada di obyek wisata Fatu Nausus Desa Lelobatan Kecamatan Mollo Utara.

Namun untuk bisa sukses dan berhasil dalam pembangun, lanjut Gubernur Viktor, diperlukan kolaborasi dan kerjasama yang baik antarpemerintah. Baik antara pemerintah provinsi dengan pemerinah kabupaten/kota harus saling menopang. Demikian juga antara OPD (organisasi perangkat daerah) yang satu dengan OPD yang lainnya.

“Untuk mensukseskan pariwisata di Kabupaen TTS khususnya maka harus satukan perencanaan

pembangunan. Jangan Provinsi program lain kabupaen punya lain. Tetapi harus ada kolaborasi sehingga bisa berjalan dengan baik. Harus ada sinkronisasi dan kolaborasi dalam perencanaan program pembangunan. Oleh karena itu setelah Raker para OPD kabupaten dan provinsi harus merencanakan bersama,”tegasnya.

Sambutan Bupati TTS, EGUSEM P.Tahun (kiri) dan Gubernur VIKTOR saat berada di Fatumnasi TTS, Kamis 13 Pebruari 2020. Doc.CNC/jor tefa – Citra News.

Kabupaten TTS memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Alamnya sejuk dan indah kalau ditata dengan baik, sambung dia, akan punya penghasilan yang luar biasa. Agar program Pemprov NTT menjadikan TTS destinasi pariwisata tercapai maka pembangunan ruas jalan SoE-Kapan harus segera dikerjakan. Sebab pengunjung akan datang jika jalan bagus. Ada pembangunan fasilitas seperti penginapan dan fasilitas pendukung lainnya yang memadai.

Pariwisata Jadi ‘Prime Mover’

Sebagaimana pariwisata menjadi salah satu misi pembangunan NTT sebagai Ring of Beauy tahun 2018-2023, maka sector pariwisata harus bisa menjadi sektor penggerak (prime mover) bagi sektor-sektor lainnya.

Menurut Gubernur Viktor, pariwisata harus mengendalikan semua bidang. Sebab ke depan pariwisata akan menjadi prioritas yang didukung dengan pertanian, kehutanan, dan industry yang baik. Pekerjaan pariwisata harus diutamakan dan banyak kerajinan harus ditampilkan melalui perbagai even festival yang digelar pemerintah.

Nanti kalau jalan sudah dikerjakan, pinta Gubernur Viktor, Bupati TTS harus buat Festival Fatu Nausus dan Festival Fatumnasi. TTS harus jadi contoh dan wisatawan tidak boleh keluar menikmati obyek wisata di daerah lain. Pemerintah Kabupaten TTS harus bisa kembangkan potensi yang ada. Bupati harus bisa menyakinkan masyarakat bahwa akan datang 10.000 pengunjung mengikuti festival itu. Itu baru menarik dan itu namanya pariwisata. Bukan hanya undang ratusan orang untuk ikut festival. +++ jor/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *