Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

BAHAYA Laten TAFSIR Tunggal PANCASILA ala Jokowi dalam P4

Dampak penataran Pancasila ala Jokowi dikhawatirkan akan sama dengan era Orde Baru. Di era Orde Baru, tafsir tunggal dipakai untuk merepresi oposisi.

Menko Polhukam, Mahfud MD memberikan paparan saat acara Bincang Seru Mahfud di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin 17 Pebruari 2020. Doc. CNC/Asprilla Dwi Adha-Antara.

Citra-News.Com, JAKARTA – MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan  Menko Polhukam) Mahfud MD berencana menghidupkan lagi Penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Program yang merupakan “alat tertib sosial untuk mempromosikan ideologi kekeluargaan Orde Baru” itu dimulai pada awal 1980-an dan berakhir saat matahari reformasi terbit.

Baca Juga :  Ayo DUKUNG Kain TENUN Sumba LOLOS ke UNESCO
Baca Juga :  AIWW Forum DISKUSI Mencari SOLUSI Masalah KEAIRAN di Kawasan ASIA

“Sebelum saya meninggalkan BPIP itu sudah ada keputusan akan menciptakan penataran-penataran,” kata mantan anggota BPIP atau Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. di Jakarta, Senin 17 Pebrauari 2020.

Baca Juga :  SMKN 1 Kupang Jadi Assesor UKK Untuk 11 SMK di NTT

Menurutnya, saat ini “sudah ada beberapa yang ditatar” meski “belum merata.” Ia berharap ke depan “akan banyak penataran ideologi Pancasila.” Tidak Baik Peneliti dari Institute& for Criminal Justice Reform (ICJR) Anggara Suwahju mengkritisi rencana ini.